alexametrics

4 Tanda Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat, Wajib Dipertahankan!

Keza Felice
4 Tanda Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat, Wajib Dipertahankan!
ilustrasi pasangan (Unsplash/Christopher Burns).

Setiap pasangan pasti ingin memiliki hubungan langgeng dan harmonis. Sebab hubungan asmara yang berjalan dengan baik akan berdampak positif untuk kehidupan. Hal tersebut akan menjadikan fisik maupun mental lebih sehat, menurunkan risiko gangguan stres, dan memunculkan kebiasaan baik.

Pastinya hidupmu akan terasa lebih bahagia dan menyenangkan saat berhasil memiliki kualitas hubungan yang baik, walaupun tak menutup kemungkinan kamu dan pasangan akan menemukan suatu kendala. Namun, apakah saat ini kamu dan pasangan sudah memiliki hubungan yang sehat? Berikut beberapa tanda yang dapat kamu pahami untuk memastikannya!

1. Komunikasi Berjalan dengan Lancar

Konflik merupakan salah satu hal yang akan timbul di dalam hubungan ketika terjadi perbedaan pendapat antara kamu dan pasangan. Meskipun sering kali dianggap negatif, tapi adanya konflik sebenarnya tidak akan menjadi sebuah ancaman yang serius jika kamu dan pasangan bisa melakukan komunikasi yang lancar.

Ingatlah bahwa hubungan yang sehat akan selalu membutuhkan komunikasi baik. Hal tersebut juga merupakan salah satu kunci agar hubungan yang dijalani bisa langgeng. Karenanya, jika terdapat permasalahan dalam hubungan, sebaiknya bicarakanlah dengan penuh empati. Tidak perlu menuruti keinginan untuk melampiaskan kekecewaan pada pasangan dengan amarah. Namun, fokuslah untuk membahas permasalahan dan mencari jalan keluarnya.

2. Menghormati Satu Sama Lain

Banyak cara untuk menciptakan rasa menghormati di dalam hubungan, seperti dengan mendukung perjalanan kariernya, saling memberikan ruang untuk menjaga privasi, atau justru menjadi pendengar yang baik saat pasangan menumpahkan keluh kesahnya.

Menghormati pasangan menjadi tanda bahwa kamu menghargai dan memandangnya setara denganmu. Jika kamu dan pasangan sudah saling menghormati maupun berhasil melakukan beberapa hal tersebut dalam hubungan, ini menunjukkan bahwa kalian telah menjalani jalinan asmara yang sehat.

3. Selalu Bersikap Terbuka dan Jujur

Bersikap terbuka dan jujur tidak berarti kamu harus menceritakan semuanya kepada pasangan. Bagaimanapun, kamu tetap membutuhkan ruang privasi untuk menyimpan rahasia yang benar-benar tidak boleh diketahui orang lain.

Kamu tidak perlu mengubah dirimu dan  memakai ‘jubah’ orang lain hanya untuk memahami pasangan. Agar hubungan tetap terjaga, kamu hanya perlu saling terbuka mengenai apapun yang dirasakan. Misalnya apa saja yang membuat kamu dan dia merasa tidak nyaman. Atau hal apa saja yang bisa membuat kalian merasa bahagia dan semakin sayang. Dengan demikian, kalian bisa menjalani hubungan asmara dengan rasa aman dan nyaman, tanpa ada rasa curiga.

4. Memiliki Kepercayaan

Hubungan yang sehat akan menunjukkan tanda ini, di mana kamu dan pasangan mempunyai rasa saling percaya. Kepercayaan akan menghindarkan kalian dari pikiran yang negatif. Sehingga, hubungan yang dijalani bisa tetap nyaman.

Namun demikian, kepercayaan tidak bisa tumbuh dengan mudah. Kalian harus tetap berusaha untuk menumbuhkan kepercayaan dalam hubungan dan melalui prosesnya bersama-sama. Apabila kalian sudah bisa saling mempercayai, artinya hubungan kalian memang sehat dan patut dipertahankan.

Apakah hubungan yang kini kamu jalani sudah menunjukkan beberapa tanda tersebut? Kamu dan pasangan bisa mencoba menumbuhkan berbagai hal baik ini agar hubungan menjadi harmonis dan tetap langgeng.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak