alexametrics

Sedang Kehabisan Ide? Coba Lakukan 5 Tips Ini!

Zahrin Nur Azizah
Sedang Kehabisan Ide? Coba Lakukan 5 Tips Ini!
Ilustrasi Menulis (pixabay.com)

Seringkali penulis menghabiskan banyak waktu hanya untuk menatap lembaran kosong tanpa ada tulisan di sana. Sudah mencoba berpikir, tapi masih belum mendapatkan ide apapun.

Namun, sebenarnya ide atau inspirasi berada dimana-mana. Hanya kita sendiri yang kurang peka dan memperhatikan sekeliling kita. Lalu, bagaimana sih caranya agar mendapatkan ide agar bisa menulis lagi? Yuk, simak 5 tips berikut ini!

1. Membaca

Tentu saja membaca adalah cara ampuh untuk mendapatkan ide-ide baru. Banyak referensi yang bisa dijadikan bahan bacaan misalnya buku, novel, blog, dan lain-lain. Dengan sering membaca, maka akan memberikan inspirasi baru yang bisa dikembangkan menjadi tulisan.

Membaca informasi dari berbagai sumber bukan berarti mencuri atau plagiasi karya orang lain. Berawal dari referensi tersebut kita bisa mendapatkan ide dari beberapa informasi yang kurang mendetail atau belum terselesaikan dari penulis sebelumnya. Sehingga kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah tulisan yang baru berdasarkan hasil analisa sendiri.

2. Mendengarkan musik

Selain membuat kita relaks, musik juga memberikan ide baru lewat liriknya. Coba pahami setiap lirik lagu yang sedang kamu dengarkan. Pahami pesan yang ingin disampaikan dan mungkin saja ide terlintas dalam pikiranmu. Selain itu, musik juga bisa menaikkan mood sehingga memudahkanmu untuk menemukan inspirasi baru.

3. Berjalan-jalan ke Suatu Tempat

Terkadang penulis juga membutuhkan tempat dan lingkungan yang baru untuk mengembangkan idenya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat yang belum didatangi sebelumnya. Tidak perlu terburu-buru langsung menulis di tempat.

Kamu bisa menikmati terlebih dahulu pemandangan dan kondisi lingkungan sekitar sambil mengingat-ingat perasaan yang muncul di tempat tadi. Kalau kamu takut lupa kamu bisa membawa catatan kecil untuk menuliskan semua yang terlintas di pikiranmu.

4. Mencoba Menulis Mimpi dari Tidur

Mimpi dari tidur seringkali terlihat tidak masuk akal. Namun itu bisa menjadi ide menulis yang hebat. Kamu bisa mulai membuat cerita bertemakan fantasi atau apa pun itu sesukamu.

Sambungkan semua mimpi yang diingat selama kamu tidur. Mainkan imajinasimu untuk membuat alur cerita menarik dan tak terduga, maka jadilah sebuah cerita orisinil buatanmu sendiri.

5. Menuliskan Kehidupan Pribadi

Tanpa kamu sadari, inspirasi menulis bisa datang dari diri sendiri. Berdasarkan pengalamanmu selama ini, baik itu yang menyenangkan maupun memalukan. Itu semua bisa menjadi sumber ide menulis yang menarik untuk dikembangkan.

Jika kamu merasa malu untuk menceritakan pengalaman pribadi, kamu bisa menggantinya menjadi sudut pandang orang ketiga. Sehingga dalam tulisanmu terdapat seseorang, tapi memiliki permasalahan yang sama seperti dirimu.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika kamu kehabisan ide untuk menulis. Menulis yang dimaksud di sini bisa dalam banyak hal. Misalnya menulis artikel, cerpen, atau bahkan novel. Jangan lupa untuk terus berlatih menulis dan yang terpenting jangan sampai malas membaca, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak