facebook

Ingin Impian Kamu Segera Tercapai? Ini 5 Tips Melatih Kedisiplinan Diri

Latifah ..
Ingin Impian Kamu Segera Tercapai? Ini 5 Tips Melatih Kedisiplinan Diri
Ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com) / Artem Podrez

Apa yang menjadi impianmu? Miliki rumah idaman, bisa memberangkatkan haji orangtua, atau bisa bebas jalan-jalan ke luar negeri?

Setiap orang berhak untuk memiliki mimpi. Hanya saja, tak semua orang berhasil menggapainya. Bukan karena tidak mampu, tapi umumnya karena tak memiliki mental tangguh. Salah satunya, sulit disiplin.

Nah, supaya kamu bisa segera meraih impian yang selama ini selalu dibayangkan, ada beberapa tips melatih kedisiplinan diri yang patut kamu coba. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Lakukan introspeksi diri

Cobalah untuk lebih mengenal dirimu sendiri dengan melakukan introspeksi diri. Selami hal-hal apa saja yang membuat kamu sulit disiplin. Misalnya, kamu sulit untuk disiplin karena mudah terbawa suasana hati.

Bila itu sudah diketahui, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya, yakni apa yang bisa jadi pemicu, sehingga bisa dihindari.

2. Buat target sederhana

Semakin besar impian kamu, maka semakin kompleks jalan menuju ke sana dan semakin memakan banyak waktu. Supaya impianmu itu tak terkesan muluk-muluk, cobalah membaginya ke target-target yang lebih sederhana. Meski sederhana, tapi ketika setiap proses itu berhasil kamu lewati, maka tak terasa impian yang dulu tampak mustahil, sudah berhasil kamu raih.

3. Beri apresiasi diri

Semua orang pasti senang mendapat hadiah. Setelah kamu berhasil mencapai target sederhana, jangan lupa untuk memberi apresiasi diri dengan memberimu hadiah. Tidak perlu sampai mahal-mahal, kok. Bisa dengan mentraktirmu makanan favorit, yang penting hal itu merupakan hadiah atas kerja keras yang sudah kamu lakukan selama ini.

4. Lakukan saja, jangan menunggu termotivasi

Disiplin adalah tetap mengerjakan apa yang mestinya kamu selesaikan, sekalipun kamu tak ingin melakukannya. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai termotivasi dulu baru menyelesaikan tugas-tugasmu. Lakukan semua itu sesuai jadwal yang sudah kamu buat, mau suasana hatimu sedang enak atau tidak.

5. Hilangkan gangguan

Ada banyak orang yang menjadi kurang produktif akibat banyak gangguan, seperti gangguan gadget. Gadget memang memiliki banyak hal menarik di dalamnya, mulai dari media sosial hingga berbagai sarana hiburan yang bisa membuat fokusmu jadi teralihkan.

Di antara cara efektif supaya kamu bisa produktif dan disiplin adalah dengan menghilangkan gangguan. Letakkan gawai di luar jangkauan, supaya kamu tidak tergoda untuk sebentar-sebentar melihatnya.

Lakukan itu dengan konsisten, maka impianmu tak akan sekadar bayangan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak