alexametrics

4 Tips Menghadapi Pertengkaran dalam Hubungan agar Tak Berlarut-larut!

Riva Khodijah
4 Tips Menghadapi Pertengkaran dalam Hubungan agar Tak Berlarut-larut!
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels/RODNAE Productions).

Pertengkaran dalam hubungan asmara adalah suatu hal yang biasa terjadi. Pertengkaran itu sendiri, nggak selamanya buruk, kok. Malah dengan bertengkar, bisa semakin menguatkan ikatan cinta kalian. Asalkan, pertengkaran yang kalian alami berjalan dengan sehat.

Di antara ciri pertengkaran sehat, yakni nggak terjadi berlarut-larut. Agar pertengkaran kalian tak berkepanjangan, ada beberapa tips yang dapat kalian terapkan. Simak baik-baik, ya!

1. Memberi jarak untuk menenangkan diri

Hal krusial supaya pertengkaran nggak terjadi berlarut-larut, yakni kamu mampu menyelesaikan konflik dengan kepala jernih. Tentu saja itu akan sulit terjadi apabila kamu dan dia sama-sama masih sangat emosi.

Itulah pentingnya ketika emosi sudah di ubun-ubun, kalian mengambil jarak terlebih dahulu. Bukan bertujuan menghindari masalah, melainkan memberi waktu sendiri supaya hati dan pikiran bisa lebih adem, sehingga masalah bisa dibicarakan dengan kepala dingin.

2. Hindari pola pikir menang-kalah

Penyebab kenapa pertengkaran nggak selesai-selesai, salah satunya karena kamu dan dia sama-sama egois. Menganggap konflik itu ibarat medan pertempuran untuk menentukan siapa yang menang dan kalah.

Padahal, ketika kalian berkomitmen dalam hubungan, maka kalian adalah satu tim. Saat terjadi konflik, yang dikedepankan harusnya menjadi jalan tengah atau jalan keluar yang bisa diterima kedua pihak. Bukan berusaha mencari siapa yang menang dan kalah argumentasi.

3. Hindari pandangan kamu selalu benar

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Sekalipun kamu yakin bahwa kamu yang benar, jangan dulu menutup mata dan telinga terhadap argumentasinya.

Cobalah berusaha melihat masalah dari sudut pandangnya. Bisa jadi, setelah kamu mengerti jalan pikirannya, kamu malah sadar bahwa apa yang kamu yakini selama ini, ternyata keliru.

4. Memelihara sifat maaf

Hal yang juga penting supaya pertengkaran kalian tak berlarut-larut, yakni kesediaan untuk memaafkan. Memaafkan di sini benar-benar tuntas, ya. Yaitu, kamu nggak mengungkit-ungkit kembali ketika bertengkar di kemudian hari. Kalau kamu masih mengungkit, itu berarti kamu belum sepenuhnya bisa memaafkan.

Itu dia tips supaya pertengkaran kalian sehat, sehingga tak berlarut-larut dan mengacaukan hubungan asmara. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak