alexametrics

3 Tips Memulai Hidup Minimalis, Hati Tenang, Keuangan Kamu pun Aman!

Riva Khodijah
3 Tips Memulai Hidup Minimalis, Hati Tenang, Keuangan Kamu pun Aman!
Ilustrasi wanita tersenyum dengan mata terpejam (pexels.com) / Andrea Piacquadio

Di tengah pola hidup konsumtif yang kini sudah merebak di tengah masyarakat, wajar saja jika kemudian ada yang merasa lelah dan memilih gaya hidup sebaliknya, yakni minimalis. Gaya hidup minimalis dicirikan dengan pola hidup simpel dan gak begitu peduli dengan kepemilikan, sehingga barang-barang yang dipunya pun sedikit.

Ada banyak keuntungan bila kamu menerapkan gaya hidup minimalis. Di antaranya, hati jadi tenang karena gak diribetkan dengan hutang akibat sering mencicil untuk membeli barang yang sebenarnya gak begitu dibutuhkan. Pastinya, uang kamu pun jadi aman!

Nah, untuk memulai gaya hidup minimalis, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Ingin tahu? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Memprioritaskan pada hal yang benar-benar penting

Mempraktikkan gaya hidup minimalis bukan berarti memilih hidup susah. Akan tetapi, kamu berusaha membuat hidup ini jadi terasa simpel.

Untuk melakukannya, langkah pertama adalah menentukan hal yang benar-benar penting. Misalnya, kamu hendak membeli HP baru. Coba renungkan dulu kenapa kamu ingin mengganti HP yang lama. Misalnya, apakah memang karena sudah rusak, atau fungsinya sudah gak maksimal sehingga cukup mengganggu, atau hanya karena ingin mengikuti tren saja?

Bila alasanmu hanya hendak mengikuti tren, tanyakan lagi, apakah itu merupakan hal penting bagi hidupmu? Dari pertanyaan ini, bisa menyadarkan kamu bahwasanya banyak benda yang kamu miliki saat ini, ternyata sebenarnya gak dibutuhkan. Dibeli cuma karena ikut-ikutan saja. Padahal, itu gak penting kalau dipikir-pikir lagi.

2. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Seperti yang disinggung tadi, gaya hidup minimalis bukan berarti kamu hidup susah. Justru, terkadang pilihan pola hidup minimalis membuatmu harus keluar uang lebih banyak.

Misalnya, ketika membeli barang. Cobalah lebih mengutamakan kualitas, daripada kuantitas. Sebab kalau kamu cermati, sebenarnya membeli barang dengan harga lebih mahal, tapi awet, itu jauh lebih hemat daripada punya beli barang murah dan banyak, tapi cepat pula rusaknya.

3. Hindari melakukan sesuatu karena gengsi

Melakukan sesuatu karena gengsi, biasanya terjadi akibat ada perasaan insecure dalam diri. Alasan inilah yang kemudian membuat banyak orang yang terlihat dari luar hidupnya sudah sempurna, dengan indikasi kemewahan yang selalu mengelilinya, tapi ternyata dia gak bahagia.

Gengsi bisa timbul akibat kebutuhan untuk diakui. Gaya hidup minimalis, menghindari ini. Segala sesuatu dibeli atau dilakukan karena butuh, bukan karena ingin gengsi.

Itu dia beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai gaya hidup minimalis. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak