facebook

4 Karakter yang Wajib Dimiliki Entrepreneur Sukses, Sudah Punya?

Latifah ..
4 Karakter yang Wajib Dimiliki Entrepreneur Sukses, Sudah Punya?
Ilustrasi pengusaha wanita (pexels/Amina Filkins).

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur sering jadi impian banyak orang. Hal ini disebabkan, menjadi pengusaha kerap menjanjikan kelimpahan materi.

Memang benar, memiliki bisnis sendiri dapat membuatmu jadi orang kaya. Akan tetapi, yang mesti disadari adalah nggak mudah untuk menjadi pengusaha sukses. Dibutuhkan karakter berikut ini jika kamu ingin menjadi seorang entrepreneur yang berhasil. Yuk, simak apa saja poinnya!

1. Sabar

Karakter sabar sangat penting kamu miliki bila ingin jadi pengusaha yang sukses. Mengapa? Karena tantangan yang akan kamu hadapi ketika menjadi pengusaha sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari persoalan karyawan dengan berbagai karakternya, masalah pasokan bahan baku dan harganya yang naik turun, persoalan konsumen, dan berbagai problematika lainnya. Semua itu wajib kamu hadapi.

Kalau nggak ada sifat sabar, kamu bakal mudah sekali menyerah. Itulah sebabnya, saat merintis usaha, terkadang seseorang mesti bekerja jauh melebihi jam kerja saat masih menjadi karyawan. Karena memang yang mesti di-handle sangatlah banyak.

2. Optimis

Saat terjun jadi pengusaha, maka kamu dituntut untuk bisa menjadi leader yang baik. Sebab, salah satu karakter pemimpin, yakni tetap optimis bahkan ketika dihadapkan pada situasi sulit.

Bagaimana bisnis dapat berjalan dengan lancar, apabila kamu dipenuhi dengan sikap negatif. Bila pemimpinnya saja pesimis, gimana dengan karyawan-karyawannya?

3. Gigih

Karakter ini yang membedakan antara pengusaha yang sukses dan gagal. Hanya orang gigihlah yang akan tetap mencoba meski berkali-kali menghadapi kegagalan.

Karena kegagalan-kegagalan itu sebenarnya merupakan ujian untuk mengarahkanmu ke cara yang benar. Bila kamu nggak gigih, maka akan mudah berhenti hanya dengan sekali dua kali gagal.

4. Berpandangan terbuka

Karakter lain yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha sukses, yakni sikap terbuka. Kamu nggak saklek dengan cara yang diyakini, dan menerima perubahan atau ide-ide baru.

Jika karakter ini sudah melekat padamu, bisnismu berpeluang besar untuk mampu bertahan dalam jangka panjang. Pasalnya, kamu nggak akan puas dengan kondisi stagnan. Selalu berusaha mencari ide-ide baru yang dapat mengembangkan bisnismu.

Gimana, apakah karakter-karakter tadi sudah kamu miliki? Yakin, siap untuk menjadi pengusaha?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak