facebook

5 Tanda Kamu Punya Atasan Toksik, Bikin Makan Hati Setiap Hari

Riva Khodijah
5 Tanda Kamu Punya Atasan Toksik, Bikin Makan Hati Setiap Hari
Ilustrasi atasan marah (pexels/Andrea Piacquadio).

Layaknya manusia yang memiliki karakter berbeda-beda, begitu pula atasan kerjamu. Ada sebagian baik hati dan sangat membimbing bawahannya, tapi tak sedikit pula tipe atasan yang malah jadi sumber stres, saking toksiknya.

Nah, berikut ini beberapa tanda kalau kamu kurang beruntung karena mendapatkan atasan dengan sikap beracun. Sebaiknya segera kamu cek!

1. Selalu memaksakan kehendaknya

Ciri pertama dari atasan yang toksik, adalah sikapnya otoriter. Atasan nggak bisa menerima kritikan atau saran dari bawahan. Selalu memaksakan kehendaknya sendiri.

Atasan seperti ini, akan mematikan kreativitas bawahannya. Sehingga, sering menjadi alasan keluar bagi karyawan bertalenta. Karena nggak tahan, segala hal selalu wajib dikerjakan berdasarkan kemauannya, tanpa mempertimbangkan ide dan masukan dari para bawahannya, yang sebenarnya sangat kompeten.

2. Senang membentak

Sikap otoriter umumnya disertai dengan cara berkomunikasi yang buruk, yakni ketika menginstruksikan sesuatu, selalu dengan bentakan. Atasan yang toksik, biasanya nggak punya kematangan emosional, sehingga mudah marah dan sulit bersikap tenang. Sikapnya nggak elegan, apalagi berkelas!

Caranya berkomunikasi bersifat satu arah. Yakni, kamu mesti melakukan segala perintahnya tanpa tapi. Mau itu salah pun, tetap harus kamu jalankan.

3. Egois

Ciri lain dari atasan yang toksik, adalah sikap mereka sangat egois. Nggak memedulikan apa yang menjadi kebutuhan orang sekitarnya. Hal yang dia hiraukan hanyalah kepentingan pribadi.

4. Tak mau disalahkan

Salah satu ciri orang yang dewasa adalah berani bertanggung jawab atas sikap dan tindakannya. Itu berarti, dia mau mennggakui kesalahan ketika memang telah berbuat kekeliruan.

Namun, atasanmu tak seperti itu. Sudah jelas-jelas kesalahannya, tetap saja malah menyalahkan bawahan. Padahal, bawahan cuma menjalankan apa yang sudah menjadi instruksinya. Giliran diberi saran, nggak mau. Namun, giliran keliru, malah dijadikan kambing hitam.

5. Hobi playing victim

Atasan yang beracun, sekalipun meminta maaf, nggak tulus. Selalu menjelaskan alasan di balik itu. Sebab, memang sebenarnya dia nggak rela kalau disalahkan. Ia akan selalu berkilah dengan alasan apapun, supaya tindakannya itu bisa dimaklumi atau dibenarkan.

Itu dia beberapa tipe atasan toksik. Apakah bos kamu punya ciri yang sama?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak