alexametrics

4 Jurus Ampuh Melupakan Mantan agar Cepat Move On dan Tidak Sedih Berlarut-larut

🌸🌸Lily 🌸🌸
4 Jurus Ampuh Melupakan Mantan agar Cepat Move On dan Tidak Sedih Berlarut-larut
ilustrasi sedih (gettyimages)

Kenangan bersama mantan memang seringkali menyulitkan kita untuk segera move on dari hubungan asmara masa lalu. Apalagi kalau sudah pacaran cukup lama, makin banyak memori bersamanya yang seolah menyerat ingatan untuk terus terjebak pada kisah yang dulu.

Walhasil, kita pun harus kembali merasakan kesedihan saat dihadapkan pada kenyataan kalau hubungan ini sudah berakhir. Namun, sebenarnya move on itu bukan sekadar wacana yang sulit direalisasikan. Move on dari mantan itu mudah, asal kita punya niat dan berani mulai melangkah.

Biar nggak kelamaan sedih, yuk ikuti beberapa jurus ampuh agar bisa cepat move on dari mantan berikut ini.

1. Jauhkan diri dari segala hal tentang mantan

ilustrasi bersedih (unsppash.com/Yuris Alhumaydy)
ilustrasi bersedih (unsppash.com/Yuris Alhumaydy)

Namanya juga pacaran, pasti banyak sekali kenangan yang tercipta bersama. Nggak cuma kenangan, seringkali ada juga barang-barang peninggalan mantan yang membangkitkan kenangan lama. Padahal seharusnya dilupakan.

Mulai dari barang pemberian sampai foto, ada baiknya untuk mulai kamu singkirkan dari pandanganmu. Entah dikemas ulang untuk dibuang atau dihibahkan, beranikan diri untuk mulai merelakan semua kenangan itu pergi. Sebab kalau masih disimpan hanya akan semakin membuatmu sedih.

2. Berhenti kepoin mantan

ilustrasi main media sosial (unsplash.com/Austin Distel)
ilustrasi main media sosial (unsplash.com/Austin Distel)

Memang, sih, kalau baru putus rasanya keinginan untuk terus mengetahui kabarnya masih sangat besar. Bahkan rindu kebersamaan dengannya pun masih terasa dan sulit dihapuskan. Nggak heran kalau kamu jadi ingin kepo soal dia.

Bertanya pada teman kerap jadi pilihan, tapi kepoin medsos mantan nggak pernah terlewatkan. Stop sekarang juga. Kepoin mantan, apalagi di medsos hanya akan menyiksa batin. Apalagi kalau ternyata dia sudah ada gandengan baru, makin nyesek, deh.

3. Lakukan banyak aktivitas yang menyenangkan

ilustrasi hangout bersama sahabat (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)
ilustrasi hangout bersama sahabat (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Saat baru putus, nggak jarang kita akan memilih untuk mengurung diri di kamar seolah sedang menikmati kesedihan yang ada. Meski wajar terjadi, tapi hal ini justru akan semakin membuat kamu sulit move on.  Pasalnya, kenangan kebersamaan kalian akan terus terngiang dan membuatmu sedih. 

Jadi, kalau memang mau cepat move on, mulailah dengan keluar dari kamarmu. Jalani lagi rutinitasmu dan lakukan aktivitas lain yang menyenangkan agar semangatmu bisa bangkit kembali. Hangout bareng sahabat atau luangkan waktu bersama keluarga bisa jadi pilihan bijak.

4. Fokus lagi pada kebahagiaan diri sendiri

ilustrasi bahagia (unsplash.com/Jacqueline Munguía)
ilustrasi bahagia (unsplash.com/Jacqueline Munguía)

Meski terkesan egois, tapi memikirkan kebahagiaan diri juga bisa jadi bentuk dari self love. Apalagi setelah selama ini kamu lebih banyak mendahulukan kebahagiaan doi, putus lalu bangkit bakal jadi momentum untuk kembali mencintai diri sendiri.

Nggak salah kok kalau setelah putus kamu memilih buat fokus pada diri sendiri. Bukankah kebahagiaan itu ada di tangan kita sendiri? Lakukan apapun yang membahagiakanmu. Kamu bisa melanjutkan pendidikan yang sempat terabaikan atau fokus pada pencapaian kariermu. Buktikan kalau tanpa dia, kamu juga tetap bisa bahagia dan berprestasi.

Itulah tadi empat jurus ampuh lupakan mantan agar bisa cepat move on. Putus lalu move on nggak selalu harus dibarengi dengan masa transisi yang lama dan menyiksa, bukan? Yuk, bisa, yuk.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak