alexametrics

Kerap Dianggap Jorok, Ini 5 Fakta dan Manfaat Makan Pakai Tangan

Muhammad Hafizh Ramadhan
Kerap Dianggap Jorok, Ini 5 Fakta dan Manfaat Makan Pakai Tangan
Ilustrasi makan pakai tangan (pexels.com) / @tim-samuel

Cara makan orang Indonesia memang lebih suka memakai tangan langsung dibandingkan alat makan, seperti sendok dan garpu. Ternyata kebiasaan makan pakai tangan juga ada manfaatnya lho, khusunya tangan kanan.

Makan pakai tangan juga bukan cuma baik untuk fisik, tapi juga untuk jiwa dan pikiran kita. Meskipun sering dianggap jorok, tapi makan pakai tangan nyatanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini 5 fakta dan manfaat makan pakai tangan.

1. Warisan dan tradisi

Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dalam kurun waktu yang lama bisa jadi tradisi, sama halnya dengan cara makan. Di Pulau Jawa, kebiasaan makan dengan tangan disebut sebagai Muluk. Secara filosofis, Muluk melambangkan sikap kesederhanaan dan membumi masyarakat Jawa.

2. Pengaruh Agama

Agama Islam telah masuk sejak berabad-abad yang lalu ke Nusantara dan menjadi agama mayoritas di Indonesia, maka tak heran jika ada nilai dan kebiasaan yang diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara makan. Dalam ajaran Islam, makan pakai tangan adalah sunnah Rasul.

3. Terasa lebih nikmat

Kalau alasan yang satu ini enggak bisa dipungkiri, ya. Sebab, kamu bisa mengambil, jadi lebih pasti berapa banyak jumlah nasi yang disuap ke dalam mulut. Selain itu, makan dengan tangan membuatmu lebih leluasa saat mencampurkan nasi dengan sambal ataupun lauk yang berbumbu.

4. Terhindar dari bahan berbahaya

Makanan yang kita santap dapat dirasakan teksturnya oleh ujung jari, sehingga dapat mencegah masuknya benda-benda berbahaya ke dalam mulut. Kita dapat mengetahui apakah makanan itu bisa dimakan atau tidak dari teksturnya. Jrimu juga bisa lebih dulu dapat merasakan panasnya suatu makanan, sehingga kamu tidak akan terbakar di mulut karena kepanasan.

5. Usus dan pencernaan lebih sehat

Tahu enggak sih, ternyata jari-jari tangan memiliki bakteri flora normal yang baik untuk tubuh. Makan pakai tangan membuat mulut, kerongkongan, serta usus akan lebih sehat. Sebab pada saat makan, bakteri yang ada di jari kita juga akan tertelan. Namun, jangan lupa sebelum makan selalu mencuci tangan demi menghindari kuman dan penyakit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu fakta dan manfaat makan pakai tangan. Namun, jangan coba menyantap makanan berkuah seperti mi, sup, atau bakso dengan tangan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak