facebook

Punya Banyak Keuntungan, Ikuti 3 Tips Menjadi Orang yang Sabar!

Latifah ..
Punya Banyak Keuntungan, Ikuti 3 Tips Menjadi Orang yang Sabar!
Ilustrasi Tips Menjadi Orang yang Sabar (pexels.com/Radu Florin).

Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila memiliki sifat sabar. Di antaranya, kamu jadi lebih tahan mental ketika menghadapi kegagalan. Sebab, sadar bahwa untuk mencapai impian mesti diraih dengan kesabaran.

Keuntungan lainnya, ketika sabar diterapkan di hubungan asmara. Hubungan kamu dan pasangan jadi lebih tahan lama, karena nggak membiarkan hal-hal kecil jadi konflik besar.

Meskipun ada banyak sisi positif dari sifat sabar, tapi memang mempraktikkan kesabaran itu nggak mudah. Namun, tenang saja. Berikut ini akan dibahas beberapa tips menjadi orang yang sabar.

1. Tarik napas dalam-dalam

Ketika kenyataan tak sesuai harapan, ketika kamu dikecewakan orang, atau banyak situasi lain yang menggodamu untuk emosi, tentu sabar jadi nggak mudah. Langkah paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menarik napas dalam-dalam.

Meskipun tampak sepele, hal ini cukup efektif untuk membuat pikiranmu tetap tenang. Karena menarik napas dalam-dalam merupakan salah satu bentuk relaksasi. Coba, deh, buktikan sendiri!

2. Melihat persoalan dari berbagai sudut pandang

Saat kamu terlibat cekcok dengan seseorang, sulit sekali untuk bisa bersikap sabar. Akan tetapi, hal itu tetap mesti kamu latih. Salah satu caranya, dengan berusaha melihat persoalan dari berbagai sudut pandang.

Karena adakalanya yang bikin masalah itu ruwet bukan permasalahan itu sendiri. Melainkan, ego masing-masing pihak yang merasa benar dan berusaha memenangkan pertengkaran. Bila kamu bisa memahami sudut pandangnya, kamu jadi nggak berusaha kukuh memenangkan pendapatmu. Pertengkaran jadi bisa segera diselesaikan.

3. Ikhlas menerima ketidaknyamanan

Ada banyak hal yang tak bisa kamu kendalikan, dan itu rentan sekali membuat kamu emosi. Misalnya, kasus macet. Memang, ada alasan kenapa kamu nggak sabar dan pengin buru-buru. Hanya saja, bila memang macet itu tak bisa dihindari, maka satu-satunya yang dapat kamu lakukan hanyalah menerima dengan ikhlas kenyataan tersebut.

Bila kamu sudah “nyaman” dengan ketidaknyamanan, karena dalam hatimu telah bisa menerima dengan ikhlas hal-hal yang nggak bisa kamu kendalikan, hidup jadi terasa lebih tenang, lho. Kamu jadi mampu bersikap sabar!

Itu dia beberapa tips menjadi orang ang sabar. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak