alexametrics

3 Tanda Kamu Belum Siap Menikah, Segera Perbaiki Diri

Riva Khodijah
3 Tanda Kamu Belum Siap Menikah, Segera Perbaiki Diri
Ilustrasi pernikahan (unsplash/Alvin Mahmudov).

Memang ada banyak hal indah yang bisa kamu dapatkan dengan menikah. Ke mana-mana bisa dengan pasangan, punya teman yang selalu bisa jadi sandaran ketika kamu sedang menghadapi kesusahan. Kamu juga bisa saja mmiliki pasangan yang sayang, punya partner untuk sama-sama saling mendukung impian, dan banyak hal positif lainnya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan pernikahan ideal sehingga bisa memiliki sisi-sisi positif seperti yang disebut sebelumnya, perlu upaya keras. Pasalnya, seindah apapun pernikahan, pasti kamu dan pasangan akan menghadapi konflik yang mesti dilewati dengan baik. Hal itu tentu agar rumah tangga tetap romantis.

Bila masih ada sikap-sikap berikut ini, sebaiknya jangan menikah dulu. Pasalnya, hal tersebut menandakan kalau kamu sebenarnya belum siap menikah. Mari simak apa saja sikap yang dimaksud!

1. Sering marah dan ngambek

Kamu masih gampang sekali marah untuk hal-hal sepele? Atau mudah sekali ngambek dengan pasangan ketika ada hal yang nggak sesuai dengan keinginan? Bila sikap itu masih ada, berarti kamu masih perlu berbenah diri, nih.

Pengendalian emosi dalam hubungan pernikahan itu penting banget, lho. Ingat, pernikahan itu tak singkat, tapi perjalanan hidup yang sangat panjang. Maka dari itu, pernikahanmu bakal penuh dengan drama, apabila dari sekarang kamu belum bisa mengendalikan emosi dengan baik.

2. Tak memiliki bayangan terkait masa depan

Tak sedikit hubungan pernikahan mesti bubar akibat sebelumnya tak dibahas dengan jelas mengenai visi masa depan bersama. Ketika sudah menjalani biduk rumah tangga, barulah ketahuan kalau bayangan masa depan antara kamu dan pasangan berbeda. Karena perbedaan yang terlampau besar, bisa menimbulkan kerikil-kerikil tajam dalam hubungan asmara.

Begitu pula ketika kamu nggak punya bayangan sama sekali mengenai masa depan dengan pasangan nanti. Hal itu bisa menjebakmu pada zona nyaman. Merasa kalau sudah menikah berarti tak perlu mengusahakan supaya cinta kalian tetap terjaga. Akibatnya, hubungan jadi terasa membosankan.

3. Masih boros

Salah satu persoalan yang kerap menghiasi kehidupan pernikahan, yakni masalah keuangan. Ada banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi ketika kamu sudah menikah. Terutama bila sudah memiliki anak, di mana banyak biaya yang mesti disiapkan.

Persoalan finansial ini bisa jadi batu sandungan, apabila kamu masih boros. Kamu bakal kesulitan memenuhi berbagai kebutuhan keluarga dan yang menjadi prioritas, bila saat ini belum bisa mengelola keuangan dengan baik.

Perbaiki dulu, ya, sikap-sikap tadi sebelum kamu memutuskan menikah. Supaya pernikahanmu minim masalah. Apakah kamu punya tanda belum siap menikah juga?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak