alexametrics

Tidak Sendirian, tapi Merasa Kesepian? Simak 3 Penyebab dan Tipsnya, yuk!

Rizky Melinda Sari
Tidak Sendirian, tapi Merasa Kesepian? Simak 3 Penyebab dan Tipsnya, yuk!
Ilustrasi seseorang merasa kesepian di kamar (pexels)

Dikelilingi oleh banyak orang seperti teman, keluarga, bahkan pasangan, terkadang kita tetap merasa kesepian tanpa alasan yang jelas. Rasanya hampa, kosong, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Apa kalian sering atau sedang merasakannya?

Rasa kesepian tersebut jangan diremehkan, karena jika dibiarkan berlarut-larut, hanya akan berdampak pada kondisi mental kita. Rasa kesepian akan memicu berbagai kondisi mental yang tidak baik seperti stres, depresi, dan lain-lain.

Lantas, kira-kira apa saja penyebab seseorang tetap merasa kesepian walaupun dia tidak benar-benar sendirian?

1. Ikatan emosional yang kurang

Kita hanya berhubungan dengan seseorang karena kepentingan pekerjaan atau pendidikan saja, tanpa merasa perlu menjaga hubungan lebih lanjut dan lebih dalam.

Kita merasa punya banyak teman, tetapi rasa sepi tetap mengikuti ke manapun karena kita kurang terikat atau terhubung secara emosional dengan mereka. 

Penting kiranya menjaga hubungan baik dan terikat secara emosional dengan orang-orang di sekitar agar kita tidak hanya sekadar kenal mereka, tetapi juga punya perasaan saling memiliki dan saling membantu satu sama lain.

2. Tidak kenal diri sendiri

Perasaan sepi muncul ketika kita punya waktu luang dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Terkadang rasa sepi juga muncul di sel-sela waktu sibuk, lantas karena terlalu lelah, pikiran kita tanpa sadar merasa sepi akibat kesibukan yang kita lakukan tidak sesuai dengan keinginan kita.

Kenali apa kesenangan diri, apa tujuan hidup, serta apa saja harapan kita ke depannya. Rasa sepi tidak akan mendatangi orang-orang yang tahu pasti apa tujuan hidupnya. Rasa sepi kebanyakan muncul atau menampakkan diri pada mereka yang hanya hidup mengikuti arus, atau pasrah terhadap nasib yang terjadi.

3. Belum move on

Masa lalu yang terus membayangi kita hingga saat ini juga dapat memicu perasaan sepi untuk datang. Kita jadi cenderung merasa kesepian dan memikirkan masa lalu daripada mencoba mencari kesibukan dan berinteraksi dengan orang lain.

Masa lalu memang tidak bisa dilupakan, tetapi kita bisa memilih sikap kita terhadap apa yang telah terjadi. Lebih baik berusaha memperbaiki diri dan menghindari mengulang kesalahan yang sama, daripada terjebak pada rasa sepi yang tidak berujung.

Beberapa tips agar kamu tidak lagi merasa kesepian, misalnya dengan ikut komunitas yang bisa membuat kamu semangat dan bergairah, mulai berhubungan lebih dalam dengan orang-orang di sekitar, serta kenali diri sendiri. Jika dirasa tetap tidak berpengaruh, kamu juga bisa konsultasi ke tenaga profesional yang akan siap membantumu mengatasi permasalahanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak