alexametrics

4 Hal yang Dihindari Orang Kaya agar Tak Jatuh Miskin, Penting Ditiru!

Latifah ..
4 Hal yang Dihindari Orang Kaya agar Tak Jatuh Miskin, Penting Ditiru!
Ilustrasi seseorang yang menyesal (pexels.com) / Gerd Altmann

Sering kali kita melihat orang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kaya yang dimaksud di sini bukan hanya soal punya banyak materi, tapi bisa "kaya" akan manajemen keuangan atau mindset, bagaimana kamu bijak dalam mengatur keuangan meskipun pemasukanmu terbilang tidak begitu banyak.

Semua itu sebenarnya kalau dicermati, balik ke sikap dan perilaku masing-masing. Ada yang sudah kaya secara materi, lalu jatuh miskin akibat sering melakukan kebiasaan yang membuat dia bangkrut.

Nah, sebagai bahan pembelajaran, mari simak hal-hal apa saja yang dihindari orang kaya supaya mereka tak jatuh miskin. Let’s check it out!

1. Membeli sesuatu dengan alasan gengsi

Orang kaya sering membeli barang-barang berkualitas dengan harga mahal bukan tanpa alasan. Mereka menilai barang berkualitas, sekalipun harganya lebih mahal, tapi memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, yakni tidak mudah rusak. Jadi, tidak semua orang kaya beli barang mahal karena gengsi, ya. Justru orang kaya yang bijak dalam pengelolaan keuangan, umumnya lebih mementingkan fungsi.

2. Menghambur-hamburkan uang

Sikap ini yang kerap jadi pembeda antara orang kaya sejati, dengan orang kaya tapi bermental miskin. Orang kaya yang punya mindset kaya, pasti tidak akan menghambur-hamburkan uangnya kendati mereka mampu.

Mereka sadar, seberapa pun besarnya jumlah harta yang dimiliki, kalau tak dikelola dengan baik, pasti akan habis juga. Oleh karena itu, daripada berfoya-foya pesta sana-sini, mereka lebih senang menaruh uang mereka untuk pengembangan bisnis atau investasi. Sikap ini pula yang menyebabkan kita dapati banyak orang kaya malah makin kaya.

3. Terjebak dalam zona nyaman

Hal yang wajar ketika kamu bersantai dan berusaha menikmati pencapaian yang sudah diraih dengan susah payah, sampai kamu memiliki kemapanan finansial. Akan tetapi, orang yang benar-benar kaya tak akan terjebak pada zona nyaman. Santai kelamaan, uang yang susah payah diraih bisa habis semua.

Maka dari itu, mereka gak puas dengan satu sumber penghasilan saja. Selalu berusaha mencari sumber-sumber lain. Sebab, semakin banyak sumber pendapatan yang mereka miliki, kondisi finansial mereka semakin aman.

4. Pelit

Bila kamu melihat ada orang kaya yang pelit, itu artinya mindset-nya masih miskin. Karena orang yang benar-benar kaya, justru merasa senang ketika mereka bisa memberikan manfaat ke sekitarnya, di antaranya dengan berbagi. Sikap demikian yang membuat mereka gak hanya kaya materi, tapi juga kaya hati.

Nah, hindari hal-hal di atas, supaya kamu terhindar dari kebangkrutan. Biar bisa kaya tujuh turunan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak