facebook

4 Cara Bijak Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja, Dijamin Bakal Kompak Lagi!

Bagus Pra
4 Cara Bijak Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja, Dijamin Bakal Kompak Lagi!
Ilustrasi berdiskusi dengan rekan kerja (pexels/Alexander Suhorucov).

Pemikiran satu orang dengan yang lain tentu tidak bisa selalu sama. Hal ini yang bisa menyebabkan terjadinya konflik dalam suatu hubungan, termasuk dengan rekan kerja. Karena perbedaan karakter tersebut, sudah sebaiknya untuk segera diatasi demi kenyamanan selama bekerja.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghadapi perbedaan tersebut. Nah, ini dia empat cara bijak mengatasi konflik dengan rekan kerja agar hubungan pekerjaan bisa kembali seperti semula.

1. Cobalah untuk bersikap terbuka

Dengan kamu bisa bersikap terbuka, maka membuat lingkungan kerja dapat lebih nyaman dan damai. Sebab, lebih memilih untuk berdiskusi bersama rekan kerja yang sedang berkonflik denganmu.

Kalau ada hal yang sekiranya memberatkanmu, maka jangan ada keraguan untuk bersikap jujur dengan perasaanmu, ya. Biar konflik di antara kalian bisa selesai dengan baik tanpa ada yang ditutup-tutupi. Namun, berikan penjelasan kepadanya secara sopan dan tegas.

2. Hindari bertengkar karena masalah pribadi

Tidak bisa dipungkiri bahwa terjadi konflik secara personal memang dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bagaimanapun juga, turunkanlah ego dan emosimu agar tetap menghindari hal tersebut demi bersikap profesional.

Maka dari itu, kamu pun harus bisa membedakan antara permasalahan pribadi dan pekerjaan. Kalaupun terjadi pergesekan pertengkaran dengan rekan kerja, maka gunakanlah sudut pandang sebagai sosok yang profesional. Hal ini sangatlah penting untuk menyikapi kondisi yang ada secara tepat.

3. Selesaikan masalah secara mandiri

Jika sudah terjadi konflik dengan rekan kerja, maka tidak perlu harus menunggu atasan untuk mencarikan solusi di antara kalian. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketergantungan dengan atasanmu.

Bagaimanapun juga, belum tentu solusi dari atasanmu bisa menyelesaikan masalah kalian, bisa saja justru malah memperburuk keadaan. Maka dari itu, harus ada kemandirian diantaran kalian untuk dapat berdiskusi agar memperoleh hasil damai.

4. Jangan membuat masalah

Konflik terjadi pasti ada penyebabnya, belum tentu pemicunya karena rekan kerja. Maka dari itu, harus ada sikap intropeksi pada dirimu sendiri. Sebab, bisa saja justru kamulah yang menjadi sumber masalahnya.

Jangan sampai tingkah lakumu malah membuat orang-orang di tempat kerjamu merasa terintimidasi, ya. Kalau hal tersebut memang disebabkan olehmu, maka jangan sampai merasa menyalahkan diri sendiri dan memilih untuk resign bekerja. Cobalah untuk menenangkan diri dan menurunkan egomu untuk memperoleh solusi yang terbaik.

Jika kamu memang kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan rekan kerjamu, maka kamu bisa terapkan 4 cara di atas, ya. Selain itu, kamu bisa meminta saran dari orang-orang yang bijaksana tentang hal ini biar masalahmu bisa cepat terselesaikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak