alexametrics

Sering Disepelekan, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Menjaga Mood Kamu Tetap Baik

Zahrin Nur Azizah
Sering Disepelekan, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Menjaga Mood Kamu Tetap Baik
Ilustrasi wanita menjaga mood agar tetap bahagia (Pexels/Julia Avamotive)

Mood atau suasana hati seringkali berubah-ubah tidak menentu. Sebelumnya merasa senang dan bahagia, namun tiba-tiba bisa menjadi marah atau jengkel. Perubahan suasana hati tersebut termasuk hal yang normal. Kondisi tersebut bisa berlangsung singkat bahkan berhari-hari tergantung tiap individu.

Mood yang kurang bagus atau badmood seringkali membuat hari-hari terasa berat dan menjengkelkan. Semua kegiatan pada hari itu akan berantakan hanya karena mood yang tidak bagus. Kamu tahu tidak ternyata ada pengaruh mood dengan produktivitas? Jika suasana hatimu sedang baik, maka kamu akan lebih giat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas. Berbeda lagi jika kamu dalam suasana hati yang buruk. Semua aktivitas akan terasa berat karena kamu mengerjakannya dengan setengah hati dan tidak bersungguh-sungguh. 

Ada banyak hal yang akan terhambat jika moodmu sedang buruk. Bukan hanya berdampak pada pekerjaanmu, tetapi juga akan memberikan efek pada orang sekitarmu. Bisa jadi orang sekitarmu akan merasa jengkel atau bahkan ikut-ikutan badmood. Kalau sudah seperti itu kamu harus tahu bagaimana caranya agar mood tetap terjaga walaupun sedang mengalami banyak masalah. Ada beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mood, yuk simak!

1. Minum Air Putih yang Cukup

Selama beraktivitas, tubuh akan cepat kehilangan cairan dan bisa menyebabkan dehidrasi. Alhasil, kamu akan terasa lemas, sulit berkonsentrasi, dan sakit kepala. Solusinya mudah kok, kamu hanya perlu minum air putih yang cukup sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. Kalau kamu orang yang sibuk dan segala pekerjaan, selalu bawa botol dan minum saat butuh.

2. Tidur yang Cukup

Tidur malam yang cukup akan membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani hari. Hal itu karena tubuh dan otak telah diistirahatkan, sehingga saat esoknya mampu bekerja dengan baik. Beda halnya ketika kurang tidur. Biasanya setelah tidur badan akan terasa pegal, sakit kepala, dan bahkan bisa menurunkan mood. Orang yang suka begadang biasanya akan mudah tersinggung dan mudah marah.

3. Olahraga Ringan

Tidak perlu harus melakukan olahraga berat. Cukup berlari-lari kecil dan melakukan gerakan pemanasan atau stretching. Setelah berolahraga otot tidak akan lagi kaku, sehingga dalam beraktivitas tidak akan merasa gampang lelah. Selain itu, saat kamu berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit dan juga bisa membuat suasana hati menjadi baik.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik juga bisa mengubah mood seseorang dengan cepat. Musik yang tenang dan tidak berlirik cenderung akan membuatmu merasa relaks. Musik dengan tempo cepat bisa membuatmu lebih bersemangat.

Namun, musik yang berlirik sedih justru akan memengaruhi mood sehingga ikut terlarut dalam lagunya dan malah membuat galau. Jadi, bijaklah ketika memilih playlist lagu dan kapan waktu yang tepat untuk mendengarkannya.

5. Jangan Lupa Bersyukur

Pernahkah kamu mendengar pertanyaan ini, “sudahkah Anda bersyukur hari ini?”. Pertanyaan itu bisa dijadikan sebagai pengingat ketika kamu mengalami hari yang buruk. Daripada terus-terusan bersedih, ada baiknya kamu mulai mengingat kembali hal-hal baik yang pernah terjadi dalam hidupnya. Dengan mengingat ini, kamu bisa menemukan ketentraman batin dan tidak lagi menyalahkan keadaan. 

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mood tetap baik. Kamu juga bisa membuat tips lain sesuai dengan versimu sendiri. Asalkan ketika kamu melakukannya bisa membuatmu senang. Jangan lupa bahagia hari ini!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak