facebook

Tidak Asal Akad dan Sah, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menikah

Mutami Matul Istiqomah
Tidak Asal Akad dan Sah, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menikah
Ilustrasi pernikahan (Pexels) / Emma Bauso

Membawa hubungan sampai ke pernikahan adalah harapan setiap pasangan. Namun, menikah tidak asal akad dan sah. Banyak hal yang harus terlebih dahulu dipersiapkan dan dimatangkan. Sebab, perkara menikah tidak hanya menjadi urusan kamu dan pasangan, tapi juga keluargamu dan keluarga pasangan. Bukan sekadar perkara saat ini saja, tapi akan berpengaruh seumur hidup.

Nah, beberapa pasangan seringkali merasa bimbang, bahkan bertanya-tanya kepada diri sendiri mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengajak pasangan menikah. Agar tidak bingung lagi, berikut 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah.

1. Restu orang tua

Restu orang tua adalah hal utama yang harus kamu dapatkan sebelum menikah. Meskipun banyak pula pasangan yang menikah tanpa restu, tapi alangkah lebih baik jika kamu berhasil mendapatkan restu dari dua keluarga. 

Sebab, jika orang tua memberi restu maka Tuhanpun turut merestui. Oleh karena itu, restu orang tua sangatlah penting untuk kelancaran rumah tanggamu dengan pasangan. Bahkan dengan restu orang tua rumah tanggamu akan lebih berkah karena diiringi doa-doa baik dari mereka. 

2. Merasa siap

Sebelum memutuskan untuk menikah, kamu harus sudah merasa siap, baik siap secara fisik maupun secara emosional. Secara fisik, kamu harus sudah memiliki umur yang cukup untuk menikah. Sementara secara emosional, kamu harus memahami bahwa nantinya dalam rumah tangga tidak sekadar menjadi keputusanmu sendirian, kamu harus siap terhadap segala perubahan.

Di dalam rumah tangga nantinya, akan ada kamu dan pasangan yang saling melengkapi. Semua hal akan berubah dibandingkan ketika kamu masih lajang/sendirian. Kamu harus siap untuk menjalani masa-masa itu.

Tidak lepas pula, rumah tangga selalu memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Kamu harus bersiap jika masa itu terjadi untuk bisa menghadapinya dengan kepala dingin, tanpa kekerasan, bahkan kamu dituntut untuk selalu bijaksana.

3. Finansial

Finansial juga hal yang wajib kamu siapkan sebelum menikah, karena berumah tangga tidak cukup dengan cinta. Segala sesuatu harus dibeli dengan uang, dan kamu berumah tangga tidak sekadar sehari dua hari tapi seumur hidup. Jadi, pastikan kamu dan pasangan sudah membicarakan sampai ke ranah sana. 

Dalam hal terdekat, jika kamu memutuskan untuk menikah, kamu dan pasangan sudah harus mempersiapkan biaya untuk resepsi dan berbagai keperluan pernikahan. Usahakan untuk menanggungnya sendiri, jangan menambah beban orang tua. 

Lalu setelahnya untuk kehidupan sehari-hari dan tabungan di masa yang akan datang, kamu harus sudah mempertimbangkan. Apalagi, jika kamu dan pasangan memutuskan untuk tidak menunda momongan, kamu harus menyiapkan tabungan juga untuk anakmu nantinya. 

4. Tempat tinggal

Sebelum menikah, alangkah lebih baik jika kamu sudah mempersiapkan tempat tinggal. Meskipun beberapa pasangan memilih untuk tetap tinggal bersama orang tua, tapi memiliki rumah sendiri akan membuat kamu dan pasangan lebih mandiri. Bahkan lebih leluasa untuk menjalani kehidupan baru sebagai sepasang suami dan istri.

5. Kualitas diri

Meskipun dalam menjalin hubungan bersama pasangan selalu ada prinsip untuk saling menerima apa adanya, tapi tidak ada salahnya kamu meningkatkan kualitas diri sebelum menikah. 

Misalnya apabila kamu dan pasangan tidak handal dalam memasak, kalian bisa belajar bersama. Sebab, meskipun finansial kalian cukup atau bahkan lebih dari cukup, tapi pasti ada momen ingin memakan masakan sendiri atau pasangan, bukan?

Ingat, terlepas dari gender apa pun, semua manusia memang harus bisa masak sebagai cara paling dasar untuk bertahan hidup. Jadi, tidak semuanya urusan dapur harus dipegang melulu oleh istri atau perempuan, tapi kalian berdua. Dengan begitu, maka rumah tangga kalian lebih sehat dan tidak timpang sebelah.

Nah, itu dia 5 hal yang wajib disiapkan kamu dan pasangan sebelum menikah. Tidak asal akad dan sah, bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak