alexametrics

5 Manfaat Curhat dengan Teman, Asal Tidak Salah Pilih

Sunatus Solikhah
5 Manfaat Curhat dengan Teman, Asal Tidak Salah Pilih
Ilustrasi curhat dengan teman (Pexels/Ron Lach).

Manusia tidak akan terlepas dari yang namanya masalah. Terlalu sering memendam masalah bukan solusi tepat. Terkadang, kita harus curhat dengan teman agar membuat hati lebih tenang.

Pastikan curhat ke orang yang tepat dan memang kamu percaya. Jangan sembarangan bercerita, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Jangan sampai pikiran dan perasaan bertambah kalut karena memendamnya sendirian.

Ada banyak manfaat curhat dengan teman ketika kamu berhasil melakukannya. Kamu bisa berhasil mengeluarkan apa yang dirasakan dan sangat mengganggu pikiran, di antaranya:

1. Hati Lebih Tenang

Bercerita kepada teman akan membuat hati lebih tenang. Apalagi jika teman tersebut sangat bisa memahami situasi dan kondisi kamu. Tidak semua orang dapat menjadi pendengar yang baik.

Ketika curhat dengan teman, pastikan mereka merupakan pendengar yang baik. Supaya apa yang kamu sampaikan bisa tercurahkan dengan baik, tanpa merasa terhakimi. 

Terkadang kita ingin bercerita bukan untuk mencari saran, tapi ingin didengarkan. Juga bukan ingin dinasihati, tapi ingin mendapatkan ketenangan diri.

2. Mendapatkan Dukungan

Manfaat selanjutnya yaitu kamu akan merasa mendapatkan dukungan. Dalam menjalani kehidupan, motivasi dan dukungan dari orang lain itu sangat perlu, apalagi ketika sedang dalam situasi sedang terpuruk.

Mereka akan membuat kita semakin kuat menghadapi kenyataan hidup. Sumber kekuatan tidak hanya dari dalam diri sendiri, tapi juga dari orang lain. 

3. Tidak Memperburuk Situasi

Curhat ke orang yang tepat menghindari semakin buruknya situasi. Masalah sesepele apapun jika membuat pikiran kacau dan enggan bercerita kepada orang lain, bukan tidak mungkin malah memperburuk situasi.

Apalagi situasi pikiran yang buruk biasanya berdampak juga terhadap kesehatan. Baik itu kesehatan mental maupun badan. Jangan sampai hal seperti ini terjadi ya!

4. Mendapatkan Sudut Pandang Baru

Dengan bercerita kepada teman yang bisa memahami, kamu akan mendapatkan sudut pandang baru. Terkurung dengan sudut pandang diri sendiri juga kurang baik karena cenderung selalu membenarkan apa yang ada di dalam pikiran.

Padahal, tidak semua yang ada di dalam pikiran kita itu bisa dibenarkan. Ada sudut pandang orang lain yang bisa jadi lebih tepat diterapkan sebagai pedoman untuk menjalani hidup ke depannya.

5. Mendapatkan Solusi

Meskipun teman tidak selalu dapat membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi dalam bentuk aksi, mereka bisa juga memberikan saran solusi. Biasanya saran yang diberikan berdasarkan pengalamannya.

Nah, kamu bisa menggunakan saran tersebut sebagai bahan pertimbangan. Apalagi jika kamu bercerita dengan tujuan ingin mendapatkan saran, tentu berbagi cerita dengan orang yang tepat bisa sangat membantu.

Sayangi diri sendiri ya! Jangan memaksakan diri memendam masalah sendirian. Ceritakan jika memang perlu untuk diceritakan, pastikan dengan orang yang tepat. Curhat dengan teman tidak salah kok.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak