alexametrics

5 Cara Hemat untuk Anak Kos, Keuangan Dijamin Tak Seret walaupun Akhir Bulan

rohman why
5 Cara Hemat untuk Anak Kos, Keuangan Dijamin Tak Seret walaupun Akhir Bulan
Ilustrasi cara hemat ala anak kos (Pexels/Tirachard Kumtanom).

Meski terlihat lebih bebas karena tinggal jauh dari orangtua, hidup sebagai anak kos ternyata tidak seindah dan semudah yang dibayangkan. Menjadi anak kos merupakan sebuah proses menjadi lebih mandiri. Sebab, mau tidak mau, dituntut untuk bisa mengatur berbagai segala sesuatu seorang diri,.

Tidak hanya para pekerja, tetapi ada banyak pula yang memilih menjadi anak kos meski belum bekerja. Biasannya, para pelajar maupun mahasiswa juga menjadi anak kos karena menempuh pendidikan di luar kota.

Salah satu faktor masalah bagi sebagian anak kos, khususnya yang belum bekerja, yakni soal finansial atau keuangan sehari-hari. Menjadi anak kos yang belum bekerja biasanya hanya mengandalkan keuangan dari orangtua atau beasiswanya. Tentunya, mereka tidak serta merta dapat terus mengandalkan dua hal itu.

Kemampuan mengatur keuangan menjadi hal yang harus dikuasai oleh anak kos agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi. Sebab, berhemat dalam pengeluaran sehari-hari, merupakan salah satu cara agar kondisi finansial tetap stabil. Nah, berikut ini cara hemat untuk anak kos yang bikin keuangan tidak akan seret.

1. Memasak Makanan Sendiri

ilustrasi memasak makanan sendiri (Pexels.com) / Yan Krukov
ilustrasi memasak makanan sendiri (Pexels/Yan Krukov).

Pengeluaran sehari-hari untuk makanan memang tidak mungkin dihindari. Sebab, konsumsi makanan merupakan kebutuhan yang sangat dasar, agar kamu tetap sehat dan dapat menjalani aktivitas secara maksimal. Namun, konsumsi makanan menjadi salah satu hal yang paling dapat kamu atur agar pengeluaran harian tetap stabil.

Agar lebih hemat lagi, kamu dapat memulai memasak makanan sendiri di kos. Memasak nasi dan semangkuk sayur dengan kadar cukup, bisa mencukupi untuk berhemat, sehingga kamu tidak membeli makanan setiap mau makan.

2. Berburu Potongan Harga

ilustrasi berburu potongan harga (Pexels.com) / Artem Beliaikin
ilustrasi berburu potongan harga (Pexels/Artem Beliaikin)

Berburu potongan harga atau diskon bisa menjadi alternatif untuk berhemat untuk anak kos. Biasannya akan ada banyak beragam diskon di waktu-waktu tertentu untuk barang-barang kebutuhan bulanan.

Kamu dapat memanfaatkan momen berburu potongan harga ini untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Kebutuhan bulanan dapat terpenuhi dan kamu juga dapat menghemat pengeluaran.

3. Belajar Menabung

ilustrasi belajar menabung (Pexels.com) / maitree rimthong
ilustrasi belajar menabung (Pexels/maitree rimthong).

Sebagai anak kos, ada pengeluaran rutin, tapi ada juga yang tiba-tiba muncul. Untuk menjaga hal-hal yang tidak terduga muncul, sebaiknya kamu perlu membiasakan diri untuk belajar menabung.

Ketika memiliki uang lebih untuk jatah bulanan, kamu dapat langsung belajar menabung. Hal itu meng-cover kebutuhan bulan depan dan seterusnya.

4. Mencatat Pengeluaran

ilustrasi mencatat pengeluaran (Pexels.com) / Karolina Grabowska
ilustrasi mencatat pengeluaran (Pexels/Karolina Grabowska).

Untuk menjaga kondisi keuangan, kamu perlu mencatat pengeluaran secara rutin dan penuh komitmen. Mencatat pengeluaran secara rutin dapat membantu mencegah pengeluaran yang tidak diperlukan, sehingga kondisi keuangan akan lebih terkontrol.

5. Mencuci dan Menyetrika Pakaian Sendiri

ilustrasi mencuci sendiri (Pexels.com) / Teona Swift
ilustrasi mencuci sendiri (Pexels.com) / Teona Swift

Laundry memang dapat membuat hidup menjadi lebih mudah dan ringan. Kamu tidak perlu capek-capek mengurusi cucian pakaian yang kotor. Namun, laundry merupakan pengeluaran yang cukup boros. Padahal, kamu dapat mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, serta tidak perlu mengeluarkan pengeluaran.

Dengan mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, kamu akan lebih menghemat lebih banyak pengeluaran yang kemudian dapat dialokasikan untuk kebutuhan mendesak atau ditabung.

Demikian cara hemat untuk anak kos. Sudah sewajibnya anak kos belajar mandiri tentang pengeluaran keuangan, guna menjaga kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kebutuhan sehari-hari akan terpenuhi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak