alexametrics

6 Cara Me Time di Rumah, Dijamin Seru dan Tak Akan Cepat Bosan!

rohman why
6 Cara Me Time di Rumah, Dijamin Seru dan Tak Akan Cepat Bosan!
Ilustrasi cara me time di rumah (Pexels/Mikhail Nilov).

Me time dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk self healing saat tubuh merasa lelah dan pikiran seakan penuh. Me time menjadi salah satu faktor yang sangat manjur untuk men-charge energi kamu. Me time bukan hanya diartikan sebagai faktor mencari maupun mendapatkan hiburan saja, tetapi juga menjadi kebutuhan untuk istirahat, menjaga diri, serta mengapresiasi di tengah aktivitas sehari-hari yang super sibuk.

Me time merupakan kegiatan yang dilakukan seorang diri sendiri untuk merawat, menjaga, mengapresiasi, maupun memberikan seluruh waktu untuk diri sendiri tanpa orang lain. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk me time di rumah bisa lewat merawat tanaman atau berkebun, membaca buku, streaming film, dan sebagainnya.

Meski me time hanya di rumah saja, kamu tetap bisa bisa merasakan aktivitas seru dan menghilangkan bosan. Berikut beberapa rekomendasi cara me time di rumah untuk mengusir kebosanan.

1. Merawat Tanaman atau Berkebun

ilustrasi merawat tanaman atau berkebun (Pexels.com) / cottonbro
ilustrasi merawat tanaman atau berkebun (Pexels/cottonbro)

Memelihara tanaman salah satu cara me time yang bisa kamu lakukan. Dengan merawat tanaman atau berkebun, membuat kamu merasa lebih segar. Selain itu, merawat atau berkebun membutuhkan aktivitas fisik yang aktif. Jadi, selain merawat tanaman dan berkebun, kamu juga sekalian berolahraga.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat ilmu baru dari cara merawat tanaman dan berkebun. Dengan begitu, kamu mempunyai hobi baru yang mengasyikan dengan merawat tanaman atau berkebun.

2. Membaca Buku 

ilustrasi membaca buku (Pexels.com) / Dayan Rodio
ilustrasi membaca buku (Pexels/Dayan Rodio)

Agar me time semakin berkualitas, kamu bisa membaca buku-buku yang tidak sempat kamu sentuh saat menjalani rutinitas harian. Daripada bertumpuk di rak buku, mending dibaca dan pastikan suasana sekitar sangat tenang, sehingga kamu semakin konsentrasi dalam memahami isi bacaan.

3. Streaming Film atau Menonton Konten Favorit

ilustrasi streaming film atau menonton konten (Pexels.com) / Andrea Piacquadio
ilustrasi streaming film atau menonton konten (Pexels/Andrea Piacquadio)

Buat kamu yang benar-benar lelah beraktivitas dan tidak punya banyak waktu buat menonton di bioskop, streaming film adalah solusinya. Selain itu, kamu juga bisa menonton konten favorit yang ada di YouTube.

Hanya cuma modal gadget, laptop, dan jaringan internet, kamu bisa sepuasnya menonton film atau konten favorit kamu. Jangan lupa menyediakan camilan kesukaan kamu supaya semakin menambah suasana menonton film dan konten favorit lebih seru.

4. Melakukan Meditasi

ilustrasi melakukan meditasi (Pexels.com) / Kampus Production
ilustrasi melakukan meditasi (Pexels/Kampus Production)

Meditasi dapat dilakukan di mana saja dengan sangat mudah. 10 menit atau 15 menit meditasi cukup baik untuk menjernihkan pikiran dan mengurangi stres. Melakukan meditasi dalam keheningan agar perasaan dan pikiran lebih fokus.

5. Mengikuti Workshop

ilustrasi mengikuti workshop (Pexels.com) / Anthony Shkraba
ilustrasi mengikuti workshop (Pexels/Anthony Shkraba).

Daripada bingung dan kesulitan mengajak teman untuk mengikuti berbagai pelatihan atau workshop, kamu perlu memberanikan diri untuk pergi sendiri. Inisiatif ini berguna untuk menambah ilmu pengetahuan serta keterampilan kamu. Selain itu, kamu juga dapat menjadi lebih fokus jika pergi sendiri ke workshop.

6. Bermalas-malasan

ilustrasi bermalas-malasan (Pexels.com) / Eren Li
ilustrasi bermalas-malasan (Pexels/Eren Li)

Meski bermalas-malasan ini tidak memiliki nilai rasa yang positif, tetapi aktivitas ini dapat kamu lakukan sesekali. Saat tubuh terasa sangat lelah, tidak ada salahnya kamu hanya bermalas-malasan di kamar tanpa melakukan hal apapun, sampai tenaga dan energi pulih kembali.

Aktivitas me time bermalas-malasan ini dapat menjadi sangat seru apabila kamu sudah menemukan titik rasa nyamannya.

Demikian, beberapa cara me time di rumah. Selain aktivitas me time di atas, kamu dapat melakukan kegiatan me time lain sesuai keinginan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak