alexametrics

3 Jenis Investasi Emas Berwujud, Pilih Mana?

Sunatus Solikhah
3 Jenis Investasi Emas Berwujud, Pilih Mana?
Ilustrasi Jenis Investasi Emas (Pexels/Zlataky)

Ada 3 jenis investasi emas berwujud atau terlihat bentuk fisiknya (real asset) yang perlu kamu ketahui. Real asset ini meliputi perhiasan, batangan dan koin. Setiap jenis memiliki bentuk dan harga yang berbeda.

Lalu, mending pilih yang mana? Manakah yang paling menguntungkan? Nah, sebelum memutuskan memilih yang mana, yuk kenali setiap jenis emas berikut terlebih dahulu agar mendapatkan pilihan terbaik. Ini dia pertimbangan yang perlu dipikirkan, sebagaimana dirangkum dari Agincourt Resources.

1. Perhiasan

Jenis satu ini adalah yang banyak kita temui. Tidak hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas saja, tetapi juga ke bawah. Cara mendapatkan keuntungannya juga sangat mudah.

Kamu tinggal membeli, menyimpannya, lalu menjual ketika harga sudah naik. Investasi perhiasan akan menguntungkan jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Pada saat kamu membeli perhiasan akan dikenai biaya pembuatannya. Sedangkan ketika menjual, pembayaran hanya untuk emasnya saja. Inilah yang membuatnya kurang cocok dijadikan investasi dalam jangka waktu pendek.

2. Batangan

Jenis investasi berwujud berikutnya adalah batangan. Bentuk dari emas jenis ini berupa batangan, lempengan atau kepingan. Persentase kadarnya murni 99 persen.

Biasanya lembaga yang menawarkan emas batangan adalah pegadaian maupun penyedia khusus lainnya. Sifatnya tetap atau tidak berubah dan mudah dicairkan. Produknya aman dan sangat mudah diperjualbelikan.

Namun, emas jenis ini rawan mengalami hilang dan rusak. Jika sudah rusak, bisa membuat harga jualnya turun. Jadi, sangat penting untuk menyimpannya dengan baik supaya terhindar dari hal-hal tersebut.

3. Koin

Bentuk dari koin emas ada beragam, mulai dari dinar, cetakan, kuno dan masih banyak lainnya. Jenis koin emas ini sering dijadikan sarana menabung atau investasi bagi mereka yang hendak menunaikan haji.

Melakukan investasi jenis ini akan aman terhadap dampak inflasi. Harga mata uang asing dapat diikuti tanpa harus dikenai biaya potongan. Namun, ketika membelinya, kamu akan terkena PPN (Pajak Pertambahan Nilai).

Investasi koin cenderung tidak mudah mengalami kerusakan. Hanya tempat khusus saja yang menyediakannya, berbeda dengan perhiasan bisa kamu dapatkan di banyak toko.

Itulah 3 jenis investasi emas berwujud yang bisa kamu pilih. Jadi mau milih yang mana nih? Pastikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak