alexametrics

Jangan Menghakimi, Ini 6 Cara Menghibur Sahabat yang Putus Cinta

Mutami Matul Istiqomah
Jangan Menghakimi, Ini 6 Cara Menghibur Sahabat yang Putus Cinta
Ilustrasi cara menghibur sahabat yang putus cinta (Pexels/Liza Summer).

Apakah kamu pernah menjadi tempat curhat sahabat yang putus cinta dengan mantan kekasihnya? Sebenarnya bukan hal yang mudah untuk menyikapinya. Sebab, biasanya kita tidak pernah mengira akan terjadi hal sedemikian rupa kepada sahabat kita. Seringkali, kita juga menjadi bingung harus berkata dan bersikap seperti apa. 

Seseorang yang sedang sedih, kecewa dan patah hati memang seringkali berubah menjadi sangat sensitif. Jadi, kita juga harus berhati-hati dalam memperlakukannya. Jangan sampai, dia yang sudah mempercayai kita untuk mendengar keluh dan kesahnya, malah memperburuk suasana hatinya. Nah, di bawah ini beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam menghibur sahabat yang putus cinta.

1. Menjadi pendengar yang baik

Seseorang yang baru putus cinta, sangat butuh untuk didengarkan. Kamu tidak perlu banyak bicara, tapi cukup perhatikan setiap perkataannya meskipun sudah diulang sampai ribuan kali. Terkadang, menyela atau memberi saran di tengah ceritanya justru akan merusak moodnya. Biarkanlah dia mengungkapkan beban yang mengganjal di hatinya. Pastikan bahumu kokoh untuk memeluknya agar dia tidak merasa sendirian. 

2. Jangan menyalahkan

Seperti apapun jalan cerita dari hubungan asmara sahabatmu, siapapun yang salah, jangan pernah menyalahkannya. Misalnya, hindari mengatakan 'Nah, kan putus. Aku bilang juga apa, dia bukan cowok yang baik buat kamu' atau 'Salahmu sendiri gak terbuka sama dia. Dia pasti bete dan bosen sama kamu'. Sebab, itu akan memperburuk suasana hatinya, membuatnya merasa tersudut, bahkan bertambah sakit hati. 

Sebisa mungkin, jika kamu diberi kesempatan untuk memberinya saran, pastikan perkataanmu positif dan memotivasi sahabat agar mau menerima kenyataan, agar ke depan menjadi seseorang yang kuat. Kalau kamu bingung harus ngomong apa, lebih baik peluk dia. Hindari mengatakan 'aku ngerti kok perasaan kamu'. Sebab, sebenarnya meskipun pernah sama-sama merasakan putus cinta, sakitnya tetap tidak sama.

3. Sering menghubunginya

Dalam kondisi yang sulit seperti itu, bukan hal mustahil seseorang bisa melakukan hal buruk di luar nalar. Kamu pasti mengkhawatirkan hal yang sama, bukan? Jadi, pastikan untuk sering menghubunginya, memastikan keadaannya baik-baik saja, mengingatkan makan atau dan sebagainya.

4. Mengajak jalan-jalan

Mengajaknya jalan-jalan menghirup udara segar juga tidak ada salahnya. Dengan mengunjungi tempat yang nyaman, misalnya ke pantai akan membuat sahabat merasa lebih baik dan lebih tenang. 

Ketika kamu sedang bersama dengan sahabat, pastikan jangan pernah menyinggung persoalan yang baru saja terjadi. Biarkan sahabatmu memulai hidup yang baru dan menikmati suasana baru. Jangan ingatkan dia dengan apapun yang akan membuatnya ingat kepada mantan pacar.

5. Mengajak beraktivitas

Untuk membuat sahabatmu memulai rutinitas yang baru, kamu bisa mengajaknya ke berbagai aktivitas seru. Misalnya, nongkrong dengan teman-teman, menonton film, karaoke bareng, atau traveling. Semoga, ke depannya, sahabat kamu bisa lambat laun mulai melupakan mantan kekasihnya. 

6. Hindari menceritakan kisah cintamu

Jika posisimu saat itu sedang memiliki kekasih, usahakan jangan bercerita soal hubungan asmara itu. Kalau kamu dan pasangan ingin bertemu, apalagi bermesraan, usahakan jangan di depan mata sahabatmu itu. Sebab, bagaimanapun kisah cintamu, bisa mengingatkan cintanya yang telah berlalu.

Nah, itu dia 6 cara menghibur sahabat yang putus cinta. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak