alexametrics

Jangan Berlebihan, Ini 4 Hal yang Perlu Dihindari saat Pacaran

Keza Felice
Jangan Berlebihan, Ini 4 Hal yang Perlu Dihindari saat Pacaran
ilustrasi sepasang kekasih (Unsplash/Joshua Rodriguez).

Ketika menjalin hubungan asmara, tentu dunia serasa milik berdua. Hidup seakan-akan menjadi lebih berwarna saat ada kekasih yang mengisi hari-harimu. Akan tetapi, kamu tetap perlu waspada agar tak melakukan hal-hal di luar batas karena terlalu mencintai pacar. Sebab hal semacam ini hanya akan menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. 

Jangan sampai kamu kehilangan masa depan yang berharga hanya karena bucin alias diperbudak oleh cinta. Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dihindari saat pacaran, agar kedepannya kamu tidak menelan penyesalan!

1. Terlalu Royal

Meskipun kamu pengin membahagiakan pacar, tapi terlalu royal kepadanya bukanlah cara yang tepat. Selain menyebabkan kekasihmu tidak mandiri, hal ini juga akan menjadi bumerang untuk hubungan asmara kalian berdua. Misalnya saja kamu jadi sulit menabung untuk melamarnya dan mempersiapkan keperluan pernikahan, jika memang kalian berdua berjodoh.

Alhasil, rencana pernikahan akan terus tertunda karena keuangan yang tidak stabil. Kemungkinan terburuknya lagi, kamu bisa saja hanya dimanfaatkan olehnya karena dia tahu kamu tidak akan menghemat uang untuknya. Sehingga, tanpa pikir panjang, dia akan langsung meminta apapun padamu.

2. Terlalu Mudah Percaya

Meskipun kepercayaan merupakan salah satu kunci utama keberhasilan dalam sebuah hubungan, tapi ada baiknya jangan mempercayai kekasih hingga 100 persen. Sebab belum tentu dia benar-benar dapat dipercaya. Bisa saja dia bersikap manis di hadapanmu, tapi berbeda lagi ketika sudah bersama teman-temannya. Apalagi jika sebelumnya dia juga pernah membohongi atau justru mengkhianatimu. Tentu saja dari pengalaman tersebut kamu harus lebih waspada. 

Untuk itulah, kamu hanya perlu memberikan dia kepercayaan sewajarnya saja. Jangan pernah sekali-sekali mengabaikan firasatmu. Sebab, siapa tahu tuntunan hatimu itu memang ada benarnya. Cari tahu kebenaran mengenai apa yang kamu rasakan, terlebih jika kekasihmu terlihat mencurigakan. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah dibohongi dan ditipu olehnya.

3. Terlalu Bergantung Pada Pacar

Mungkin kamu tidak menyadari kalau terlalu bergantung pada pacar akan menyebabkan susah move on bila nantinya kalian tidak berjodoh. Selain itu, dia juga akan mudah meremehkanmu karena beranggapan bahwa kamu tidak akan bisa melakukan apapun tanpa bantuan darinya.

Akibatnya, kekasihmu bisa memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan pribadinya, walaupun harus membuatmu tertekan. Seperti dengan menuntutmu untuk menuruti setiap keinginanya dan mengancam akan mengakhiri hubungan jika kamu tidak memenuhinya.

4. Berhubungan Seksual dengan Pacar

Meskipun sudah sama-sama berpikiran matang untuk menikah, tetapi sebaiknya kalian berdua menahan diri agar tidak melakukan hubungan seksual. Langkah ini bertujuan untuk menghindari berbagai hal yang kurang baik yang mungkin saja akan terjadi di kemudian hari.

Lagi pula, kamu tidak benar-benar tahu apakah dia akan bertanggung jawab atau justru hanya ingin menikmati kesenangan bersamamu saja. Jika tiba-tiba kalian putus karena suatu alasan, tentu saja hubungan seksual yang sudah kalian lakukan hanya akan mendatangkan penyesalan. Terlebih, jika hubungan asmara itu justru menyebabkan kehamilan. 

Sebaiknya hindari beberapa hal tersebut saat kamu masih pacaran. Jangan sampai masa depan yang kamu impikan hancur hanya dalam hitungan hari akibat perbuatanmu saat pacaran.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak