facebook

Kenali 4 Kebiasaan Buruk yang Dibenci Atasan, Bikin Susah Naik Gaji!

Riva Khodijah
Kenali 4 Kebiasaan Buruk yang Dibenci Atasan, Bikin Susah Naik Gaji!
Ilustrasi atasan (pexels.com/AugustdeRichelieu)

Di antara hal yang jadi pertimbangan seorang karyawan layak mendapat kenaikan gaji adalah performa kerjanya. Enggak hanya dilihat dari gimana kamu mampu mengerjakan tugas sehari-hari, tapi juga kebiasaan harianmu di kantor selama ini.

Itulah kenapa kamu mesti evaluasi diri ketika yang lain selalu mendapat kenaikan gaji, tapi penghasilanmu cuma jalan di tempat. Jangan-jangan, selama ini kamu sering melakukan kebiasaan buruk yang ternyata dibenci atasan. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini!

1. Sering datang telat

Kebiasaan buruk pertama yang sangat dibenci oleh atasan, adalah kebiasaan datang telat. Kebiasaan tersebut bisa menandakan kalau kamu gak menghormati atasan atau perusahaan tempatmu bekerja.

Karena kalau kamu menghormati dan menganggap penting profesi serta atasanmu, pasti akan berusaha mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Salah satunya aturan masuk dan pulang kantor.

2. Banyak alasan

Kebiasaan buruk lain yang juga tak disukai atasan, adalah sering banyak alasan. Ketika kamu diberi tugas tertentu, banyak sekali alasan kenapa kamu gak bisa mengerjakan itu.

Meskipun mungkin hal itu gak masuk dalam deskripsi pekerjaanmu, tapi bila atasan sampai memintamu melakukan itu, bisa jadi memang sangat penting dan mendesak.

Terlalu sering banyak alasan juga dapat mencirikan kalau kamu karyawan yang sudah puas dengan zona nyaman. Ketika diberi pekerjaan yang menantang, kamu menolak dengan berkilah macam-macam.

Padahal, intinya kamu malas untuk keluar dari zona nyaman. Sikap demikian akan membuatmu sulit berkembang, lho!

3. Kurang inisiatif

Faktor lain yang dapat menyebabkan kinerjamu dianggap masih kurang, sehingga tak layak untuk mendapat kenaikan gaji, adalah kurangnya inisiatif. Kamu harus disuruh dulu baru mengerjakan sesuatu.

Atasan jadi kerepotan karena harus selalu memberikanmu instruksi. Padahal, kalau kamu inisiatif sedikit, itu bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus diperintah terlebih dahulu. Oleh karena itu, kamu harus menghindari kebiasaan buruk kurang inisiatif ini jika tidak ingin dibenci atasan.

4. Kurang produktif

Kurang produktif ini bisa terlihat dari tugas-tugasmu yang standar, bahkan yang standar itu pun masih sering molor dari jadwal. Indikator lainnya, atasan sering banget melihatmu gak fokus kerja, malah sibuk dengan gadget. Gimana pekerjaan mau selesai, kalau sebentar-sebentar lihat HP?

Sekarang sudah tahu, ya, kebiasaan buruk apa saja yang dibenci atasan dan bisa menyebabkan kamu susah naik gaji. Hilangkan kebiasaan buruk tadi dan ganti dengan kebiasaan baik yang bikin performa kerjamu jadi maksimal!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak