facebook

3 Tanda Kamu Harus Mengundurkan Diri dan Cari Pekerjaan Baru!

Latifah ..
3 Tanda Kamu Harus Mengundurkan Diri dan Cari Pekerjaan Baru!
Ilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Burst)

Salah satu tujuan seseorang bekerja, adalah demi mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhan. Namun, hal itu bukan satu-satunya alasan yang penting. Ada kalanya seseorang sudah mendapatkan gaji yang besar, tapi ternyata memilih keluar dari pekerjaan tersebut. Sebab, memang ada beberapa faktor yang sebaiknya memang megundurkan diri dan mencari pekerjaan baru, terlebih jika sudah mengganggu kesehatan mental.

Berikut ini beberapa tanda kalau kamu sudah saatnya mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang baru. Ingin tahu apa saja tandanya? Simak terus ulasan di bawah ini, ya!

1. Setiap hari merasa malas untuk berangkat kerja

Sejatinya bila pekerjaan itu membuat kamu nyaman, maka pasti akan kamu lakukan dengan bersemangat. Apabila rasa malas itu terjadi setiap hari kamu mau berangkat kerja, hal tersebut menandakan ada masalah. 

Mungkin kamu sudah merasa jengah dengan perilaku atasan yang semena-mena, capek karena gaji yang diberikan selama ini sangat rendah dari yang seharusnya kamu terima, atau bisa pula disebabkan lingkungan kerjanya yang toksik.

Oleh karena itu, kamu jadi enggak bergairah lagi untuk berangkat ke kantor. Hal inilah yang dapat mengindikasikan atau sebuah tanda kalau dinamika pekerjaanmu tidak baik untuk kesehatan mentalmu dan sebaiknya mengundurkan diri.

2. Tugas bertambah, tapi gaji tetap sama

Hal lain yang menandakan kalau kamu sudah saatnya mengundurkan diri, yakni ketika jerih payahmu tak diapresiasi. Banyak sekali tugas yang mesti dikerjakan, dan itu semua sudah keluar dari deskripsi pekerjaan yang telah disepakati sebelumnya.

Akan tetapi, gaji yang kamu terima tetaplah sama. Padahal, dengan tugas-tugas yang menumpuk, kamu seperti mengerjakan tugas dua orang. Itu tandanya, perusahaan kurang memperhatikan kesejahteraan karyawan, dan kamu layak untuk mendapatkan perusahaan yang lebih baik dari itu.

3. Kehidupanmu sudah tak seimbang

Seperti telah disinggung di awal, urusan betah tidaknya kerja bukan semata-mata perkara uang. Gaji besar, tapi kalau hidupmu jadi gak seimbang, maka kualitas hidupmu jadi berkurang. Bila kamu merasa sering tertekan dan tak memiliki waktu untuk sendiri karena waktumu selalu habis untuk mengerjakan tugas-tugas kantor.

Sementara, bagi kamu yang berkeluarga terasa sekali kalau kehidupan rumah tanggamu berantakan akibat kamu jarang sekali berada bersama mereka, maka sah-sah saja bila kamu memutuskan untuk mengundurkan diri. Pekerjaan bukanlah satu-satunya hal penting dalam hidup, tapi kesehatan mentalmu jauh lebih penting.

Bila sudah ada tanda-tanda tadi, artinya sudah saatnya kamu mengundurkan diri. Akan tetapi, sebaiknya kamu sudah mencari pengganti pekerjaan yang baru dulu sebelum mengundurkan diri, supaya keuanganmu enggak terganggu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak