facebook

4 Langkah agar Kamu Memiliki Growth Mindset, Bisa Dukung Kesuksesan!

Latifah ..
4 Langkah agar Kamu Memiliki Growth Mindset, Bisa Dukung Kesuksesan!
Ilustrasi growth mindset (freepik.com/@rawpixel.com)

Salah satu yang dapat mendukung kesuksesanmu, adalah memiliki growth mindset atau growth mindset. Mental seperti ini akan menghindarimu untuk cepat puas atau terus-menerus berada di zona nyaman.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya bisa punya growth mindset. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Terbuka pada perubahan

Hal pertama yang mesti kamu latih supaya bisa memiliki growth mindset, yakni terbuka terhadap perubahan. Misalnya, menghadapi era digital seperti sekarang di mana banyak pembeli yang lebih senang belanja online, kamu gak lagi mengandalkan pembeli yang datang ke toko.

Alih-alih menyalahkan konsumen karena preferensi pembeliannya berubah, kamu berusaha belajar gimana caranya juga bisa berjualan secara online sehingga dapat menarik pembeli lebih banyak. Inilah yang disebut growth mindset, yakni terbuka pada perubahan.

2. Mau belajar hal-hal baru

Langkah selanjutnya agar kamu memiliki growth mindset, yakni kemauan untuk mempelajari hal-hal baru. Dengan begitu, kamu gak berpuas diri. Karena sudah kodratnya, zaman akan terus berubah, sehingga selalu butuh inovasi.

Sebagai contoh, kendati kamu sudah berada di posisi tinggi dalam karier, kamu gak berpuasa diri. Kamu selalu berusaha upgrade skill yang dapat berguna baik di bidang profesi, maupun bagi perkembangan diri.

3. Mau bekerja sama

Di antara ciri orang yang punya growth mindset, adalah kemauan untuk bekerja sama. Karena gak semua hal bisa kamu lakukan sendiri. Sering kali, ketika dikerjakan dalam suatu tim hasilnya akan jauh lebih baik.

Orang yang memiliki growth mindset juga sadar dengan kemampuan diri. Sehingga, gak segan untuk meminta tolong atau bantuan jika dirasa perlu. Karena orang yang meminta bantuan bukan berarti lemah, lho. Jadi, jangan gengsi untuk minta tolong!

4. Mengapresiasi diri

Kamu akan sulit berkembang apabila menuntut diri selalu sempurna, dan hanya menilai diri dari pencapaian besar. Bila ingin punya growth mindset, maka kamu harus bisa mengapresiasi diri untuk pencapaian-pencapaian kecil. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk meraih hal-hal yang lebih besar.

Itulah empat langkah agar kamu memiliki growth mindset. Bila langkah-langkah di atas konsisten kamu terapkan, maka kesuksesanmu pun cepat atau lambat akan diraih!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak