facebook

5 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Efektif, Wajib Diterapkan untuk 2022!

Jessie YiCha
5 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Efektif, Wajib Diterapkan untuk 2022!
Ilustrasi Resolusi Tahun Baru (Unsplash/Tim Mossholder).

Tahun 2021 akan berakhir dalam beberapa hari. Sebentar lagi, tahun 2022 akan datang menyambut. Selama setahun ini, semua orang telah melalui berbagai hal. Keadaan yang terus berubah-ubah menuntut kita untuk cepat beradaptasi dan berjalan maju. Mungkin ada juga beberapa target dan tujuan yang belum tercapai.

Menjelang tahun baru, banyak orang yang mulai membuat resolusi. Ini adalah daftar tujuan-tujuan yang ingin kamu capai selama setahun ke depan. Namun, kenyataannya, banyak resolusi yang gagal, tidak berjalan sesuai rencana, atau terlupakan. Sebenarnya, kamu bisa menerapkan 5 cara berikut supaya resolusi buatanmu tetap praktis dan efektif, loh. 

Tulis di tempat yang mudah terlihat

Ketika menentukan resolusi tahun baru, jangan hanya diingat-ingat di kepala. Kamu perlu menuliskan dan menaruhnya di tempat yang mudah terlihat supaya bisa menjadi pengingat rutin. Selain itu, menulis bisa meningkatkan rasa komitmen dan tanggung jawab untuk memenuhi resolusi tersebut. 

Buat target yang spesifik dan terukur

Supaya proses perjuanganmu selama setahun ke depan mendapatkan hasil yang jelas, kamu perlu membuat resolusi yang spesifik dan terukur pula. Misalkan, jika kamu ingin menurunkan berat badan, jangan hanya menuliskan: Mau diet, tetapi tuliskan: Mau turun berat badan 8 kilogram. Dengan begini, kamu bisa mengontrol proses realisasi resolusi tersebut. 

Batasi jumlah resolusi

Jangan paksakan dirimu untuk merealisasikan terlalu banyak resolusi dalam satu tahun. Tidak ada batasan khusus mengenai jumlah resolusi karena ini tergantung pada kapasitas masing-masing orang. Namun, meskipun 12 bulan terasa seperti waktu yang lama, akan banyak perubahan dan kesempatan baru yang bisa kamu temukan dalam kurun waktu tersebut. Berikan space waktu untuk melakukan hal lain supaya kamu tetap bisa terbuka pada opsi baru dan beradaptasi dengan keadaan.  

Mulai dari langkah-langkah kecil

Semua perubahan besar harus dimulai dari langkah-langkah kecil. Selama berproses mewujudkan resolusi tersebut, hargailah setiap langkah kecil supaya kamu tetap termotivasi dan tidak merasa usahamu sia-sia. Kamu bisa memecah satu tujuan besar menjadi beberapa tujuan kecil supaya tidak terasa terlalu berat dan lebih mudah dilaksanakan. 

Temukan dan perbarui motivasi

Satu tahun bukanlah waktu yang singkat, sehingga kamu harus memiliki motivasi yang kuat supaya tidak menyerah atau melupakan tujuan awal di tengah jalan. Ciptakan motivasi yang positif dan berguna untuk diri sendiri sehingga ada rasa kepuasan internal saat kamu mewujudkan resolusi tersebut satu per satu. 

Demikianlah 5 cara membuat resolusi tahun baru yang efektif. Kamu sudah membuat resolusi untuk tahun 2022?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak