facebook

5 Macam Minuman Kopi Berbahan Dasar Espresso, Wajib Tahu agar Tidak Salah Pesan!

Clairine Budiraharjo
5 Macam Minuman Kopi Berbahan Dasar Espresso, Wajib Tahu agar Tidak Salah Pesan!
Ilustrasi kopi espresso (freepik)

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang kopi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sebagian masyarakat. Bahkan, bagi beberapa orang kopi sudah bagaikan lifestyle yang memang harus terpenuhi setiap harinya.

Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah hal negatif karena memang sebenarnya kopi memiliki manfaat bagi tubuh seperti di antaranya menahan kantuk. Oleh sebab itu, tak kaget bahwa kopi sudah seperti sahabat bagi para pekerja dan mahasiswa karena siap siaga menjadi penolong. Namun, perlu diketahui bahwa setiap macam minuman kopi memiliki rasa, cita rasa serta kekuatan espressonya masing masing. 

Berikut ini beberapa macam minuman kopi berbahan dasar espresso yang wajib kamu tahu.

1. Espresso On The Rock

freepik.com
Espresso On The Rock (freepik)

Minuman ini terkadang memang tidak tertera di dalam menu sebuah kedai kopi. Namun, tak sedikit pula orang yang memesan minuman yang satu ini. Sebenarnya, tidak ada yang terlalu spesial dari minuman ini karena hanya menggunakan 2 shot espresso dan beberapa butir es batu. Ini adalah salah satu minuman yang kerap dipesan oleh orang Italia. Jika kamu membutuhkan sebuah minuman yang bisa membangunkan mata agar kembali segar, cobalah Espresso On The Rock.

2. Americano

freepik.com
Americano (Freepik)

Biasanya Americano kerap dipesan oleh seseorang yang benar-benar ingin menikmati cita rasa kopi. Karena Americano sendiri hanya mengandung air mineral dan 2 shot espresso. Sehingga, saat diteguk pun rasa yang akan muncul adalah rasa Espresso. Maka, minuman ini tepat bagi seseorang yang tidak terlalu suka manis.

3. Latte

freepik.com
Latte (freepik)

Latte berarti susu. Sehingga, minuman yang satu ini memiliki bahan dasar susu, lebih tepatnya susu steam yang memiliki kandungan foam. Meskipun identik disajikan hangat dan ditambahkan seni melukis kopi di atasnya, tetapi latte tentunya juga bisa disajikan dalam bentuk minuman dingin. 

4. Cappucino

freepik.com
Cappucino (freepik)

Cappucino bisa dibilang seperti saudara dari Latte karena memang mirip. Kemiripannya ini dapat dilihat dari bahan serta cara penyajian. Namun, yang membedakan adalah foam yang terdapat di minuman Cappucino lebih tebal dibanding saudaranya. Minuman ini tentunya juga bisa disajakan dalam bentuk dingin. Meskipun lebih foamy, rasa espresso pada minuman ini masih tetap strong.

5.  Mochaccino

freepik.com
Moccachino (freepik)

Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman favorit anak muda karena mengandung coklat. Meski mengandung coklat, rasa espresso di dalam minuman ini tentunya stabil, sehingga tidak terkalahkan oleh rasa coklat dan susu. Bisa dibilang, ini salah satu minuman yang cocok untuk dinikmati sembari mengerjakan tugas kuliah.

Nah setelah mengetahui macam macam minuman kopi yang menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya, kira kira kamu bakal pesan yang mana jika ke kedai kopi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak