facebook

Jaga Jarak dari 4 Tipe Rekan Kerja Berikut Ini, Bisa Menghambat Karier!

Riva Khodijah
Jaga Jarak dari 4 Tipe Rekan Kerja Berikut Ini, Bisa Menghambat Karier!
Ilustrasi rekan kerja (unsplash/Brooke Cagle)

Kendati hubungan dengan rekan kerja diikat oleh profesionalisme, tetapi tak bisa dimungkiri bagaimana keakraban antara kamu dengan rekan kerja yang lain bisa sangat memengaruhi karier. Bergaul dengan rekan kerja yang baik, kamu pun akan ikut-ikutan baik. Begitu pun keseringan bergaul dengan rekan kerja dengan perilaku buruk, kamu pun bisa ikut tertular perilaku buruk mereka.

Untuk itulah, kamu mesti menjaga jarak dengan tipe rekan kerja yang malah bisa membawa pengaruh negatif bagi perkembangan kariermu. Seperti tipe rekan kerja berikut ini. Simak terus pembahasannya, yuk!

1. Tipe rekan kerja penjilat

Tipe rekan kerja seperti ini memang jadi musuh bersama. Hal tersebut disebabkan perilakunya yang tidak memiliki rasa malu sama sekali. Apapun dilakukan demi mendapatkan posisi, termasuk menjilat atasan.

Hal yang bikin sebal bila kamu sudah berusaha selalu menjadi karyawan yang jujur dan berdedikasi, tapi giliran promosi malah dia yang mendapatkan posisi tinggi. Bukan karena prestasi, melainkan karena sering memuji atasan dan selalu mengiyakan perkataan atasan kendati salah.

Giliran keputusan atasan merugikan, yang disalahkan malah kamu dan tim yang lain. Padahal, sebelumnya sudah diwanti-wanti kalau keputusannya itu tidak tepat. Sementara si penjilat posisinya selalu aman.

2. Tipe rekan kerja tukang gosip

Akan selalu ada tipe rekan kerja seperti ini. Bila menemukan orang yang suka bergosip, sebaiknya jaga jarak dari mereka.

Selain bisa membuang-buang waktu sehingga kamu tidak produktif, terlalu dekat dengan rekan kerja tukang gosip juga bisa mencemarkan nama baikmu. Kamu dianggap setipe dengan mereka.

3. Tipe rekan kerja pemalas

Menghadapi tipe rekan kerja yang sering bikin kamu makan hati ini memang sebaiknya perlakukan dirinya sebatas hubungan profesional. Lebih dari itu, jangan!

Pertama, terlalu dekat dengan orang yang pemalas bisa bikin kamu ikut-ikutan jadi malas juga. Kedua, sering melihat tingkah pemalasnya bisa merusak konsentrasi, karena fokusmu jadi pada kemalasan dirinya. Kamu jadi sering kesal melihat tingkahnya.

4. Rekan kerja yang terlalu kompetitif

Memang dunia kerja itu kompetitif. Tapi, bukan berarti tidak bisa berteman dengan cara yang sehat. Kalau ada rekan kerja yang terlalu kompetitif, mending jaga jarak darinya.

Selain berisiko kamu akan ditikung olehnya, rekan kerja yang kompetitif bikin kamu sulit kerja dengan tenang. Selalu ada dia yang membayang-bayangi apa yang kamu lakukan.

Itu dia beberapa tipe rekan kerja yang dapat menghambat karier. Pernah mengalami yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak