facebook

Stop Insecure, 5 Kunci Hidup Bahagia Tanpa Beban

Angelia Cipta RN
Stop Insecure, 5 Kunci Hidup Bahagia Tanpa Beban
Ilustrasi Orang yang sedang Insecure (Pixabay/geralt)

Insecure adalah sebuah perasaan mengganggu dan memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan mental seseorang. Bahkan hanya karena insecure saja bisa mengubah pola hidup seseorang, lho! Awalnya dia sangat ceria berubah menjadi murung dan tertutup. Bukan hanya itu, dampak insecure juga bisa menyebabkan mental illness yang bisa mengganggu kehidupanmu. Maka dari itu, yuk perangi dan say no to insecure dengan tips sederhana di bawah ini supaya hidupmu lebih damai dan bahagia!

1. Love Yourself

Mencintai diri sendiri dan memberikan penghargaan pada diri ketika sudah melakukan suatu hal yang besar memang menyenangkan. Bahkan cara ini ampuh untuk menghilangkan rasa insecure pada diri seseorang, lho! Dengan kamu menghargai dirimu, kamu akan menjadi sosok pribadi yang akan selalu bersyukur atas apa yang kamu capai. Self reward juga berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri dan bisa menjadi salah satu pengingat ketika rasa insecure itu datang. So, kamu harus peduli dengan dirimu ya!

2. Stop Comparing Yourself

Jangan pernah bandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Hal ini bisa membuatmu semakin terpuruk dan percaya dirimu juga akan menurun, sob. Kamu akan menjadi pribadi yang iri terhadap pencapaian orang lain. Perlu kamu ingat bahwa segala sesuatu sudah ada takdirnya dan tak semua bunga mekar di waktu bersamaan ya, gengs. So, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain itu hanya membuang waktu berhargamu. Fokuslah pada tujuanmu, itu lebih baik daripada terpuruk dalam insecure dan iri zone. Don’t compare yourself and start happy living

3. Batasi Pertemanan Dengan Toxic People

Setuju atau tidak bahwa toxic people itu ada dimana-mana bahkan mereka juga bisa menjelma menjadi sosok sahabat dan teman kita juga, lho! Mereka selalu mengatakan hal-hal negatif yang bisa bikin kita down dan insecure. Mereka gemar mengumbar aib dan menggosip. Bahkan karena mereka kita bisa overthinking. Nah, memiliki teman seperti ini sangat menghambat hidupmu, bukan? So, kamu perlu batasi pergaulanmu dengan mereka ya, gengs demi hidup yang bahagia tanpa tekanan. 

4. Fokus Pada Pengembangan Diri

Daripada insecure, mending kita asah kemampuan dan bakat kita supaya menjadi pribadi yang penuh syukur. Cara paling ampuh untuk mengatasi insecure adalah melakukan hal yang kita sukai dan fokus terhadap pengembangan diri. Kamu bisa melakukan aktivitas seru dan bermanfaat contohnya bermain musik, menari, menyanyi, melukis bahkan menulis. Dengan cara seperti ini, akan membuatmu yakin bahwa you’re worth it.

5. Jangan Terlalu Bergantung Pada Orang Lain

Berharap dan bergantung pada orang lain bukanlah hal yang baik, sob. Karena orang yang bersikap demikian adalah orang yang tak memiliki prinsip dalam hidupnya. Ia selalu mengikuti orang lain dan tak percaya pada potensi yang ada pada dirinya. Ingat, bahwa kamu itu luar biasa dan hanya dirimu sendirilah yang bisa kamu andalkan. So, don't put expectation too much to people, it will hurt you.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa mengatasi dan mengurangi rasa insecure yang ada pada dirimu. So, say no to insecure and start be happy. Ingatlah, semuanya akan berakhir indah selagi kamu mau berusaha dan terus mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak