facebook

Bertemu dengan Orang yang Suka Menghakimi? Inilah 3 Cara Menyikapinya!

Sunatus Solikhah
Bertemu dengan Orang yang Suka Menghakimi? Inilah 3 Cara Menyikapinya!
Ilustrasi mendengarkan orang yang suka menghakimi (pexels/liza summer)

Tidak jarang kita bertemu orang yang suka menghakimi dalam lingkungan pertemanan sehari-hari. Mereka suka mengkritik, tapi enggan dikritik. Mudah menyimpulkan segala sesuatu hanya dari perspektifnya sendiri, tanpa melihat kaca mata orang lain.

Mereka akan mudah menilai sesuatu dari apa yang dilihatnya. Padahal,  juga belum tentu sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. Apakah kamu pernah menemukan orang yang suka menghakimi? Ataukah sering? Bagaimana cara menyikapinya? Berikut inilah caranya.

1. Tidak Terlalu Mengambil Hati

Ketika menghadapi orang yang suka menghakimi, kamu tidak perlu terlalu mengambil hati. Mungkin akan sulit pada awalnya, tapi semakin lama akan terbiasa. Namanya perasaan terkadang juga sulit untuk dikendalikan.

Dengan bersikap tidak terlalu mengambil hati dan bodo amat akan membuatmu lebih tenang. Apalagi jika orang tersebut mengatakan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya atau cenderung melebih-lebihkan.

2. Fokus pada Diri Sendiri

Cara berikutnya yaitu fokus pada diri sendiri. Kamu bisa mengambil hal positif dari yang orang tersebut sampaikan, tapi jangan sampai membuatmu berpikir terlalu keras. Pandai-pandailah dalam menyaring apa yang orang lain sampaikan.

Cukup dengarkan, lalu kembali fokus pada diri sendiri jika memang yang mereka sampaikan tidak sesuai dengan prinsip atau cara berpikirmu. Terkadang orang lain menyampaikan bukan untuk memberikan saran, tapi untuk menjatuhkan.

Apapun yang kamu lakukan dianggapnya salah. Sedangkan apapun yang dilakukannya dianggap selalu benar. Menanggapi orang seperti ini hanya akan membuat mental kamu semakin terganggu.

3. Berikan Jarak, Komunikasi Seperlunya

Cara terakhir adalah berikan jarak, komunikasi seperlunya. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk intens berkomunikasi dengan mereka karena bisa membuatmu dalam posisi sangat tidak nyaman.

Kita berhak memilih dengan siapa ingin berteman. Bukannya menjauh dan tidak komunikasi sama sekali, tapi seperlunya saja. Hal lainnya yang ditakutkan terjadi adalah kamu bisa terbawa menjadi pribadi suka menghakimi.

Tidak hanya cara menyikapi orang yang suka menghakimi, kita juga harus bisa mencegahnya jangan sampai ada dalam diri. Terkadang, secara tidak sadar ternyata tindakan kita dianggap menghakimi orang lain karena mungkin memang berlebihan.

Jadi, sebaiknya lebih hati-hati lagi dalam berucap dan bertindak. Sebelum memberikan saran, pastikan bahwa kamu sudah memahami posisinya. Sehingga tidak akan terkesan menyalahkan atau menghakimi secara sepihak.

Sampaikan juga saran tersebut dengan cara baik. Supaya orang lain bisa mengerti dan memahami bahwa kamu hanya berniat untuk memberikan saran, bukan sekadar menyalahkan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak