facebook

4 Cara Mengatasi Gelisah agar Tidak Berlarut-larut, Yuk Terapkan!

Rizky Melinda Sari
4 Cara Mengatasi Gelisah agar Tidak Berlarut-larut, Yuk Terapkan!
Ilustrasi inhale exhale (pexels.com)

Saat sendiri, terkadang muncul perasaan gelisah. Terlebih, di masa peralihan dari kebiasaan yang serba online menjadi era new normal.  Kita gelisah ketika akan maju presentasi di depan kelas, gelisah menyampaikan hasil pemikiran ketika rapat, serta perasaan-perasaan tidak nyaman lainnya.

Gelisah wajar, tetapi tidak boleh dibiarkan terlalu berlarut-larut karena hanya akan membuat mental kita lelah. Empat tips berikut mungkin bisa membantumu untuk mengatasi rasa gelisah agar tidak berlarut-larut.

1. Tarik napas dalam

Perasaan tidak tenang dan gelisah cenderung membuat tubuh kita tegang. Cobalah untuk menarik napas secara mendalam, lalu hembuskan perlahan-lahan. Hal ini akan membuat pasokan oksigen pada tubuh kita menjadi terpenuhi.

Dengan terpenuhinya pasokan oksigen, tubuh kita akan berangsur-angsur rileks, dan perasaan tegang akan mengendur sedikit demi sedikit. Ulangi langkah ini selama beberapa kali hingga kita merasa lebih tenang.

2. Utarakan perasaan pada orang terpercaya

Momen-momen seperti inilah saatnya bagi kita untuk mencari sahabat atau orang-orang terdekat yang kita punya untuk sekadar bercerita membagi perasaan yang kita rasakan sekarang pada mereka.

Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Jika kamu terbiasa bercerita, ceritakan saja pada mereka, jika itu dapat membuatmu merasa lebih baik. Bagi orang-orang yang tidak terbiasa bercerita pada orang lain, kita bisa menggunakan media lain untuk mencurahkan kegelisahan yang dirasakan.

3. Penuhi kebutuhan mendasar

Terkadang, perasaan gelisah muncul karena tubuh kita menuntut haknya yang tidak bisa kita penuhi secara maksimal seperti makan dan tidur yang cukup.

Penuhi kebutuhan tubuh berkenaan dengan makanan yang sehat serta tidur yang cukup agar kita senantiasa berada pada keadaan prima dan siap menjalani hari dengan semangat. Makanan cepat saji dan pola tidur yang berantakan juga memiliki andil dalam menciptakan perasaan gelisah.

4. Sisihkan waktu untuk refreshing

Setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Ada yang dari bangun tidur langsung bekerja mengerjakan pekerjaan yang berat dan menguras tenaga serta pikiran.

Otak serta tubuh yang terlalu keras bekerja juga dapat menimbulkan perasaan gelisah.

Sisihkan beberapa saat pada waktu senggang atau luang untuk melakukan kegiatan yang menenangkan seperti mendengarkan musik, melihat pemandangan, atau sekadar memejamkan mata sejenak tidak melakukan apapun.

Itulah empat cara sederhana agar perasaan gelisah dapat teratasi. Perasaan gelisah dan was-was wajar dialami, yang terpenting kita bisa mengaturnya dan tidak membiarkannya berlarut-larut.

Manusia tempatnya segala macam emosi dan perasaan bersemayam. Tinggal kita saja yang harus pandai-pandai mengotrolnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak