facebook

Ada 4 Jenis Kepribadian Manusia, Manakah Dirimu?

Blue Diamond
Ada 4 Jenis Kepribadian Manusia, Manakah Dirimu?
Ilustrasi jenis kepribadian manusia.[Pexels/Min An]

Sejatinya, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lain. Itu sebabnya manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. Diantara jutaan manusia yang hidup di bumi, masing-masing dari mereka memiliki karakter yang berbeda. Setiap orang memiliki karakter satu sama lain yang membuat keragaman terjadi. Jenis karakter atau kepribadian yang berbeda inilah yang menentukan bagaimana orang itu akan bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam garis besar, banyak orang mengetahui bahwa kepribadian tersebut ada introvert, eksrovert, maupun ambivert. Itu tidak salah, tapi di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tipe-tipe kepribadian manusia berdasarkan buku The Four Temperaments, yaitu:

1. Sanguinis

Tipe kepribadian ini biasanya dimiliki oleh para eksrtovert. Orang dengan tipe sanguinis memiliki sifat yang periang, ceria, hangat, bersahabat, dan banyak bicara.

Sanguinis terkenal dengan sifat optimismenya yang tinggi, sehingga tak heran bahwa sosok ini percaya bahwa hidup dipenuhi oleh berbagai macam pengalaman yang menyenangkan dan harus dinikmati sebaik-baiknya. Sosok ini juga kerap dikenal sebagai humoris karena memiliki selera humor yang cukup baik. Saat ada masalah pun, mereka berusaha terlihat untuk baik-baik saja dengan memasang senyuman terbaik mereka karena tidak mau orang-orang di sekitar mereka merasa khawatir.

Sanguinis biasanya sangat cocok bekerja di bidang yang berhubungan dengan marketing, travel, kuliner, olahraga, maupun di bidang fashion.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Sanguinis juga memiliki kelemahan, yaitu mereka kerap kali tidak disiplin, memiliki emosi yang labil, sering kali melalaikan waktu sehingga tidak produktif.

Ketika memiliki masalah, mereka seringkali kesulitan menghadapi masalah tersebut dan malah lari atau menghindari masalah karena sulit untuk menyelesaikannya.

2. Koleris

Kepribadian koleris dikenal memiliki sifat yang menggebu-gebu, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan bersifat dominan jika bersama dengan orang lain.

Orang dengan kepribadian ini dikenal memiliki visi dalam hidupnya dengan sifat yang tegas, jiwa kepemimpinannya kuat, dan bersifat mandiri serta tangguh. 

Pekerjaan yang biasanya cocok dengan kepribadian ini adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan atau toko, teknik, statistik, dan perencanaan di bidang industri.

Kelemahan tang dimiliki oleh koleris adalah cepat puas, pemarah, sulit memaafkan, egois, dan sarkastik. Tak heran, jika tidak ada yang memiliki pendapat yang serupa dengannya, mereka tidak segan untuk mempermalukan orang tersebut.

3. Plegmatis

Plegmatis dikenal sebagai pribadi yang mencintai kedamaian. Didominasi oleh orang-orang introvert. Karena cinta kedamaian, orang dengan tipe kepribadian ini cenderung menciptakan keharmonisan pada orang terdekatnya.

Sifat lain yang dimiliki seorang plegmatis adalah setia, tenang, cenderung berpikir dengan kepala dingin, suka membantu orang lain, dan dapat diandalkan dalam situasi apapun.

Pekerjaan yang cocok oleh seorang plegmatis adalah guru, psikolog, konseling, dan lain-lain.

Setiap ada kelebihan tentu mempunyai kelemahan, seperti plegmatis yang cenderung penakut atau takut akan datangnya konflik sehingga mereka sulit untuk menolak permintaan orang lain meskipun situasi mereka saat itu sedang susah, mudah khawatir, cenderung tidak suka dikritik, suka menunda-nunda, dan mau mencari aman sendiri.

4. Melankolis

Seperti plegmatis, orang dengan kepribadian melankolis juga didominasi oleh orang introvert. Kepribadian melankolis bertolak belakang dengan sanguinis. Jika sanguinis menyukai hal-hal yang baru dan berbau petualangan, maka melankolis sebaliknya, bahkan lebih menghindari.

Melankolis memiliki sifat yang perfeksionis, analitis, sangat teliti, rajin, dan berbakat sehingga tipe ini dikenal sebagai manager fantastis yang berbakat.

Karier yang cocok untuk kepribadian melankolis ini biasanya sebagai manager, akuntan, atau bagian administrasi.

Melankolis juga memiliki kelemahan, diantaranya mudah pesimis, sangat sensitif, perasa, mudah berpikiran negatif, pemurung, dan kurang dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Nah, itulah rangkuman dari empat jenis tipe kepribadian ini, yang manakah dirimu? 

Sejujurnya dalam empat kepribadian ini tidak ada yang diunggulkan, masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, yuk lebih mencintai diri kamu apa adanya ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak