facebook

5 Tanda Teman yang Harus Kamu Hindari, Selektif dalam Berteman!

Rizky Melinda Sari
5 Tanda Teman yang Harus Kamu Hindari, Selektif dalam Berteman!
Ilustrasi berteman (pexels.com/Kampus Production)

Terkadang, kita tidak bisa membedakan siapa teman yang sebenarnya dan teman yang hanya datang saat ada perlunya. Hidup kita terlalu berharga untuk dihabiskan bersama orang-orang yang membawa dampak negatif terhadap perkembangan kita.

Teman yang tidak baik untuk hidup kita itu teman yang seperti apa saja, ya? Berikut tanda-tanda teman yang harus kamu jauhi untuk membuat hidupmu lebih baik.

1. Suka menonjolkan dirinya sendiri

Saat kita perlu teman curhat dan menceritakan semua permasalahan kita pada teman, bukannya mendapat semacam kalimat dukungan atau solusi, yang ada malah kata-kata sejenis 'Kamu, sih, mending. Coba aku bla bla bla'.

Tujuan kita menceritakan permasalahan pada teman adalah untuk mengeluarkan unek-unek agar perasaan kita lega dan merasa bahwa masih ada orang yang bersedia mendengarkan keluh kesah kita, bukannya meminta untuk dibandingkan dengan permasalahannya. 

2. Meminta tolong tetapi cuek

Salah satu ciri teman yang harus dijauhi adalah teman yang  meminta tolong pada kita tetapi cenderung memaksa dan tidak terima alasan kita jika kita tidak bisa membantu mereka.

Teman jenis ini biasanya akan menghubungi kita saat sedang dalam kondisi terjepit, lalu meminta pertolongan pada kita tetapi terkesan cuek seakan memang sudah seharusnya kita membantu mereka. Saat kita perlu bantuan balik, mereka malah berdalih sibuk.

3. Lebih mementingkan dirinya sendiri

Biasanya, teman jenis ini saat ada kerja kelompok dan kebetulan satu kelompok dengan kita, mereka akan meminta bantuan kita untuk menyelesaikan joblist-nya, padahal kita sendiri juga punya joblist.

Mereka berdalih tidak paham dengan tugas yang dibebankan dan mengaggap kita cerdas serta mampu menyelesaikan joblist-nya dengan baik. 

4. Mengajak pada kemalasan

Teman yang sering mengajak kita untuk bolos kelas, menunda mengerjakan tugas, mengajak jalan saat besok ada ujian, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lain sudah sepantasnya kita tinggalkan.

Jika kita ikut apa kata mereka, yang rugi adalah kita sendiri, dan kita tidak bisa menyalahkan mereka karena kita sendiri yang mau mengikuti apa kata mereka. Carilah cirle pertemanan yang akan mendorongmu ke atas, bukannya menceburkanmu ke dalam kemalasan.

5. Terkesan sok tahu segalanya

Teman jenis ini biasanya suka membicarakan orang lain dengan kita, menjelek-jelekan sesuatu atau orang lain, dan menganggap apa yang keluar dari mulutnya adalah sebuah kebenaran yang mutlak. Bisa jadi, ketika mereka sedang bersama teman yang lain dan kita tidak ikut, kitalah yang mereka bicarakan.

Tidak usah terlalu diladeni orang-orang semacam ini, carilah teman yang benar-benar mampu membuatmu nyaman tanpa harus membicarakan orang lain.

Itulah lima tanda teman yang harus kamu tinggalkan. Tanda-tanda di atas mungkin tidak bisa disamaratakan pada semua orang. Terutama sahabat, orang yang paling kita kenal luar dan dalam, mungkin mempunyai satu atau dua tanda yang disebutkan di atas.

No Problem, selama kita tahu sifat asli sahabat kita luar dan dalam, serta kita nyaman dengan mereka, teruskan persahabatan kalian, selama masih dalam batas wajar.

Manusia adalah makhluk sosial, tidak harus benar-benar memutus kontak dengan mereka yang memiliki tanda-tanda di atas, kita cukup membatasi interaksi dengan mereka, demi kualitas hidup kita sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak