facebook

4 Jenis Kebohongan yang Kerap Tanpa Sadar Kamu Katakan ke Diri Sendiri

Latifah ..
4 Jenis Kebohongan yang Kerap Tanpa Sadar Kamu Katakan ke Diri Sendiri
pexels.com/@sam-lion/lalagembul

Zona nyaman memang menyenangkan. Terkadang, kamu lebih memilih bahagia di zona nyaman daripada harus memaksa diri merasakan berbagai ketidaknyamanan demi impian.

Akibatnya, kamu sering mengatakan berbagai kebohongan atau alasan pada diri sendiri yang sebenarnya hal tersebut bentuk mekanisme pelarian. Gak jarang, kebohongan-kebohongan itu sampai kamu yakini kebenarannya saking sering diucapkan berulang kali.

Supaya kamu bisa segera sadar, yuk, kenali jenis kebohongan apa aja yang sering diucapkan ke diri sendiri. Let’s check it out!

1. “Ini mustahil buat dilakukan”

Ya, mengatakan kalau sesuatu itu mustahil dikerjakan memang nyaman. Apalagi jika sesuatu itu bersifat baru dan memiliki risiko.

Akan tetapi, kalau kamu mau jujur, sebenarnya apa yang tampak mustahil itu sebenarnya belum tentu memang gak bisa dikerjakan. Hanya saja, kamu terlalu takut untuk mencoba, dan ternyata nanti gagal. Memang, peluang gagal itu ada. Tapi, bukankah peluang keberhasilan juga tersedia? Lalu, kalau belum dicoba, gimana kamu bisa tahu kalau hal itu mustahil atau enggak?

2. “Sudahlah, kamu gak bakal ngerti”

Kalimat ini umumnya diberikan pada orang yang memberimu saran atau kritikan. Disebabkan masukan yang diberikan itu membuat tidak nyaman, atau sebenarnya dalam hati terdalam kamu tahu apa yang dikatakan benar, akhirnya kamu berkilah dengan mengucapkan kalimat tadi.

3. “Ngomong emang gampang, mengerjakannya yang sulit”

Kalimat ini juga banyak terlihat pada materi-materi motivasi atau yang berkaitan dengan pengembangan. Disuruh berubah, tapi bukannya sadar, malah berkilah dengan mengatakan hal seperti tadi.

Padahal, semua tantangan di dunia memang sifatnya lebih gampang diomongkan daripada dikerjakan. Tapi, nyatanya tetap banyak bukti hal-hal mustahil bisa dilakukan dengan kegigihan atas aksi nyata, kan?

4. “Aku gak punya waktu”

Ide untuk membuka bisnis itu sudah ada sejak lama. Tapi, belum juga terlaksana. Tiap kali ditanya, alasannya gak punya waktu.

Padahal kalau kamu mau jujur, penyebab sebenarnya adalah kekhawatiran dan rasa ragu yang masih besar. Kamu khawatir kalau bisnismu bakal gagal, makanya gak mulai-mulai.

Itu dia beberapa kebohongan yang sering dikatakan pada diri sendiri. Mulai sekarang jangan dilakukan lagi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak