facebook

Jangan Risau, Ini 5 Cara Bangkit Setelah Kena PHK

Rosi be faro
Jangan Risau, Ini 5 Cara Bangkit Setelah Kena PHK
Ilustrasi sedih (pexels)

Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK selalu menjadi ketakutan tersendiri bagi setiap orang. Bagaimana tidak, saat PHK, orang tidak akan lagi memiliki pendapatan setiap bulannya. Itu artinya, untuk mencukupi kebutuhan hidup akan menjadi susah. Namun, Anda tidak perlu risau, karena masih banyak jalan untuk mencari nafkah. Jangan sampai Anda terlarut dalam kesedihan panjang akibat dari PHK ini. Berikut merangkum dari Alodokter, 5 cara bangkit setelah PHK.

1. Atur keuangan dengan baik

Langkah pertama saat PHK adalah mengatur keuangan dengan bijak. Karena masih belum memiliki pekerjaan baru, sebaiknya Anda menggunakan uang secara hemat agar bisa mencukupi kebutuhannmu ke depan. Belilah makanan atau barang yang memang betul-betul dibutuhkan.

2. Jadwalkan waktu untuk mencari pekerjaan baru

Saat PHK, Anda akan tergesa-gesa untuk segera mencari perkerjaan baru. Sebaiknya, Anda beri jeda setiap hari dengan mengatur kapan mencari lowongan kerja serta kapan membuat surat lamaran. Hal ini akan membantu Anda tetap tenang dan percaya diri seandainya nanti ada panggilan tes kerja.

3. Melakukan hal-hal yang positif

Setelah selesai mencari kerja, Anda bisa meluangkan waktu dengan kegiatan yang positif. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terlalu larut dengan kondisi PHK yang terjadi. Anda bisa melakukan kegiatan kesukaan agar anda tetap selalu ceria. Misal membaca buku, menonton televisi, atau membaca buku untuk menambah wawasanmu.

4. Terapkan pola hidup sehat

Mengatur hidup sehat setelah PHK itu penting supaya kesehatan jiwa dan ragamu tetap terjaga, utamanya saat mencari pekerjaan baru. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang, tidur yang cukup, serta lakukanlah olahraga teratur agar tubuh Anda menjadi sehat dan bugar.

5. Jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat

Perasaan malu dan minder saat kena PHK membuat kebanyakan orang ingin selalu menyendiri. Namun, Anda harus tetap percaya diri, karena Anda bukanlah satu-satunya orang yang terkena PHK di dunia ini. Masih banyak orang yang mengalami keadaan serupa denganmu. Anda harus tetap berkomunikasi dengan orang-orang di sektiarmu, terutama koneksi teman lamamu. Siapa tahu dari banyaknya hubungan yang kamu jalani tersebut, temanmu memiliki channel kerja yang tentunya sangat berguna untukmu.

Itulah lima cara agar bisa bangkit dari PHK. Tetap semangat dan selalu berusaha,

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak