facebook

4 Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Susah Bahagia, Segera Tinggalkan!

Riva Khodijah
4 Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Susah Bahagia, Segera Tinggalkan!
Ilustrasi wanita bersedih (pexels.com/KhoaVõ)

Semua orang pasti ingin bahagia, bukan? Sayangnya, terkadang kamu sendiri, lho, yang menghambat kebahagiaan itu. Misalnya saja dengan melakukan berbagai kebiasaan buruk yang ternyata bisa menghalangimu bahagia.

Ingin tahu apa saja kebiasaan buruk yang tanpa sadar bikin kamu susah bahagia? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Terus-menerus menggerutu

Mengeluh atau menggerutu sesekali bisa dimaklumi. Bagaimanapun kamu manusia biasa yang terkadang bisa merasa lelah dengan permasalahan yang ada. Namun tanpa kamu sadari, bila hal ini sudah jadi kebiasaan maka bisa menghambat kebahagiaanmu sendiri.

Apa pun yang sedang kamu hadapi selalu direspons dengan keluhan atau menggerutu tanpa henti, itu sama saja kamu tengah membuat diri sendiri susah bahagia. Pikiranmu jadi lebih fokus pada masalah itu, bukan pada solusinya. Sehingga, permasalahan itu jadi enggak selesai-selesai.

2. Overthinking

Kebiasaan buruk lain yang mesti kamu tinggalkan supaya hidup jadi lebih bahagia, adalah overthinking atau kebanyakan mikir. Mencemaskan hal-hal yang belum terjadi, atau mengkhawatirkan bagaimana opini orang lain, bikin hidupmu enggak pernah tenang.

Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk overthinking membuatmu jadi susah bahagia. Cobalah untuk menghindarinya pelan-pelan. Belajar untuk ikhlas dengan apa pun hasil yang terjadi nanti. Sehingga, pikiranmu enggak disibukkan dengan hal-hal yang enggak perlu.

3. Memasang target terlalu tinggi

Kebiasaan memasang target yang terlalu tinggi juga bisa jadi sumber penghambat bahagia. Mulai sekarang, cobalah ketika ingin meraih target yang tinggi, lakukan dulu dari hal kecil. Jangan lupa untuk mengapresiasinya.

Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih menikmati prosesnya dan gak seperti dikejar-kejar oleh target. Hidup jadi tenang!

4. Membiarkan rasa takut menggagalkan keinginan untuk mencoba

Kebiasaan buruk lain yang bisa membuatmu susah bahagia, yakni membiarkan rasa takutmu itu menguasai. Tiap kali ingin mencoba sesuatu, urung melakukannya karena kamu terlalu takut. Takut akan gagal, takut ditertawakan orang, dan takut-takut lainnya.

Akhirnya, hidupmu enggak pernah tenang karena selalu dihantui keinginan yang selama ini pengin banget kamu raih. Hidup jadi penuh dengan penyesalan karena kamu membiarkan rasa takut menggagalkan keinginanmu untuk mencoba.

Itu dia empat kebiasaan buruk yang membuatmu susah bahagia. Semoga dengan membaca uraian tadi, kamu jadi lebih bisa memilah mana kebiasaan yang mesti ditinggalkan supaya hidupmu jadi lebih bahagia. Kamu pasti bisa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak