facebook

5 Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Nyenyak, Salah Satunya Lakukan Ritual!

Nayla Shabira
5 Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Nyenyak, Salah Satunya Lakukan Ritual!
Ilustrasi Tidur (freepik.com)

Bagi beberapa orang, pergi tidur bukanlah suatu masalah karena mereka dapat tidur tanpa ada masalah dengan kualitas tidur nyenyak. Namun, bagi sebagian orang pergi tidur dapat menjadi sebuah masalah karena mereka memiliki kesulitan untuk tidur. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, di sini akan dijelaskan lima tips agar tidur nyenyak untuk kalian yang memiliki kesulitan tidur!

1. Temukan ketengan dan kedamaian sebelum tidur

Ilustrasi Kedamaian (freepik.com)
Ilustrasi Kedamaian (freepik.com)

Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan terlebih dahulu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani kalian hari itu, sebesar apa pun masalahnya, lupakan sejenak dan beri waktu bagi otak kalian untuk beristirahat. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan, seperti membaca buku, mendengarkan lagu, dan berdoa agar hati serta pikiran kita mendapat ketenangan.

2. Buat ritual rutin sebelum tidur

Ilustrasi Lilin (freepik.com)
Ilustrasi Lilin (freepik.com)

Ritual di sini bukan berarti kita harus mencari air dari tujuh mata air, melainkan kita melakukan aktivitas yang dapat mempermudah kita untuk tidur. Misalnya, ketika akan tidur kita dapat mencuci kaki dan menyalakan lilin agar tubuh lebih rileks. Dengan begitu, otak akan tahu kapan kita akan tidur karena mendapat kode berupa aktivitas yang kita rutin lakukan sebelum tidur. Oleh karena itu, sangat penting menemukan "ritual" yang kita sukai sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur nyenyak.

3. Jangan tidur dalam keadaan marah

Ilustrasi Marah Sebelum Tidur (freepik.com)
Ilustrasi Marah Sebelum Tidur (freepik.com)

Dalam keseharian kita pasti menemukan hal yang membuat kita marah dan terkadang kita terbayang akan hal tersebut seharian penuh, bahkan saat ingin beranjak untuk tidur. Hal ini harus dihindari karena kasur merupakan tempat kita mencari dan mendapatkan ketenangan. Apabila kita membawa amarah saat ingin tidur, bukan ketenangan dan tidur nyenyak yang akan didapatkan, melainkan pikiran-pikiran jengkel yang membebani.

4. Selesaikan apa yang harus diselesaikan

Ilustrasi Bekerja Sebelum Tidur (freepik.com)
Ilustrasi Bekerja Sebelum Tidur (freepik.com)

Bekerja hingga larut malam memang tidak baik untuk kesehatan dan juga keseimbangan kerja kita, tapi menunda pekerjaan juga tidak baik karena dapat membebani pikiran kita. Dengan menunda pekerjaan, otak kita akan terus memikirkan apa yang belum kita selesaikan di hari itu sehingga menimbulkan kecemasan dan kegelisahan, bahkan saat kita ingin tidur. Oleh karena itu, selesaikan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu pada hari itu, karena selain mengurangi beban, kita juga akan mendapat ketenangan dan kualitas tidur nyeyak saat tidur.

5. Jangan paksakan diri untuk tidur

Ilustrasi Memaksakan Tidur (freepik.com)
Ilustrasi Memaksakan Tidur (freepik.com)

Di penghujung hari kita pasti sudah lelah dan ingin beristirahat, tapi terkadang karena terlalu lelah kita tidak dapat memejamkan mata untuk tertidur dan terus terjaga. Jika hal ini terjadi kepada kalian, maka jangan memaksakan diri untuk tidur. Sebab, hal tersebut hanya akan menguras energi kalian lebih banyak lagi. Cobalah untuk melakukan poin pertama, yaitu rileks dan tenang.

Nah, itulah 5 tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. Namun, cara tersebut tidak akan efektif jika kita tidak menerapkannya secara rutin. Opini terhadap tips di atas yang sudah menjadi kegiatan rutin penulis tentunya memiliki pengaruh baik terhadap kualitas tidur penulis. Oleh karena itu, yuk mulai kebiasaan baik sebelum tidur dengan menyelesaikan semua kegiatan, menciptakan ketenangan sebelum tidur, dan menyingkirkan pikiran-pikiran negatif agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak