facebook

5 Tipe Bahasa Cinta untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Patut Diterapkan!

Rizky Melinda Sari
5 Tipe Bahasa Cinta untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Patut Diterapkan!
Ilustrasi cinta (pexels)

Love language atau bahasa cinta dapat diartikan sebagai cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta terhadap diri sendiri maupun orang lain. Setiap orang memiliki bahasa cinta yang bereda-beda tergantung dengan kepribadian masing-masing individu.

Bahasa cinta penting untuk dikenali dan diketahui agar kita dapat menunjukkan rasa cinta kepada diri sendiri dan orang lain dengan tepat. Dengan demikian, kita dapat mengekspersikan rasa cinta kita dengan benar. Berikut adalah beberapa jenis atau tipe dari bahasa cinta yang bisa diterapkan untuk diri sendiri dan orang lain.

1. Memberi hadiah

Tipe pertama dari bahasa cinta adalah memberi hadiah. Bahasa cinta ini dapat dilakukan dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu yang cukup berat sebagai bentuk terima kasih karena mampu melewatinya dengan baik.

Bahasa cinta ini juga dapat diungkapkan kepada orang lain dengan mentraktir mereka makan memberikan hadiah kepada seseorang berupa barang-barang spesial.

2. Sentuhan fisik

Tipe kedua dari bahasa cinta adalah berupa sentuhan fisik. Sentuhan fisik bagi sebagian orang merupakan hal yang dapat membuat nyaman dan rileks. Bentuk bahasa cinta berupa sentuhan fisik kepada diri sendiri misalnya pergi ke salon perawatan.

Bahasa cinta dengan sentuhan fisik dapat diterapkan kepada orang lain melalui sebuah pelukan hangat. Dengan memberikan pelukan, seseorang akan merasa nyaman dan hangat apalagi ketika sedang menghadapi masalah berat, pelukan merupakan salah satu solusi yang ampuh untuk menenangkan hati.

3. Perhatian dalam bentuk tindakan

Tipe selanjutnya dari bahasa cinta adalah perhatian dalam bentuk tindakan. Hal ini dapat diterapkan pada diri sendiri dengan memperhatikan kesehatan serta kesenangan diri, peduli pada kebutuhan serta berusaha mencintai diri sendiri dengan baik.

Bahasa cinta ini juga dapat diterapkan kepada orang lain dengan memberikan bantuan ketika orang lain memerlukan, memberi perhatian dengan mengingatkan makan, memberi semangat, serta bentuk perhatian-perhatian lainnya.

4. Quality time

Tipe bahasa cinta ini dilakukan dengan menghabiskan waktu berkulitas baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Quality time untuk diri sendiri dapat dilakukan dengan mengerjakan hal-hal yang disukai, seperti hobi, refreshing, atau melakukan hal-hal yang belum sempat dilakukan.

Quality time bersama orang lain dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama sekadar untuk makan siang, mengobrol, atau saling curhat satu sama lain. Dengan demikian, bahasa cinta ini juga dapat mendekatkan kita dengan orang-orang di sekitar.

5. Kalimat positif

Tipe terakhir dari love language atau bahasa cinta adalah dengan memberikan kalimat positif. Bangun di pagi hari, lalu berkaca dan berkata pada diri sendiri bahwa hari ini akan berlalu dengan bahagia dan penuh keberkahan merupakan salah satu contoh bahasa cinta untuk diri sendiri dengan kalimat positif.

Kita juga bisa mengungkapkannya kepada orang lain, misalnya dengan memberikan selamat atas pencapaian seseorang, mengatakan terima kasih ketika sudah dibantu, mengapresiasi teman atau rekan kerja, serta ucapan positif lainnya.

Itulah lima bahasa cinta yang bisa kamu terapkan untuk dirimu dan orang lain. Kamu bisa melakukan beberapa bahasa cinta sekaligus. Coba dan temukan bahasa cinta yang paling cocok untuk dirimu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak