facebook

4 Cara Mengembalikan Semangat agar Tetap Produktif Setelah Liburan

Aufa Hardy
4 Cara Mengembalikan Semangat agar Tetap Produktif Setelah Liburan
Ilustrasi seseorang bekerja (Pexels/ArinaKrasnikova)

Ketika liburan berlalu, kamu mungkin merasakan gelombang kesedihan merasuki dirimu karena akan berpisah dengan hari-hari rebahan tanpa gangguan rutinitas biasa. Akan tetapi, ada cara yang dapat kamu lakukan untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bisa mengatasinya dan memulai hari dengan semangat baru! Berikut ini, PsychCentral melansir empat cara untuk dapat mengembalikan semangatmu agar tetap produktif setelah libur panjang.

1. Lakukan perawatan diri

Kamu bisa melakukan perawatan diri untuk mengembalikan semangatmu seusai liburan, agar tetap produktif menjalankan aktivitas harian. Coba pertimbangkan untuk memprioritaskan kebutuhan sehari-hari yang membuat perasaanmu lebih baik dengan tips ini:

  • tidur yang cukup
  • minum air putih yang cukup
  • membuat atau mempertahankan batasan yang kuat sesuai kebutuhan
  • terhubung dengan orang-orang yang memberi semangat di sekitarmu
  • menikmati saat-saat kesendirian dan ketenangan
  • gerakkan tubuhmu, namun tidak melakukan melebihi tingkat energimu

2. Menjaga rutinitas sehari-hari

Selain melakukan perawatan diri, kamu juga bisa mengembalikan semangat setelah liburan drngan bangun dan tidur pada waktu yang sama, serta makan di sekitar waktu yang ditentukan. Menjaga olahraga setiap hari juga dapat membantumu untuk lebih produktif saat kembali ke rutinitas.

3. Tetapkan budget

Sebelum liburan, coba buat anggaran untuk hadiah dan aktivitas. Dengan cara ini kamu dapat memutuskan di mana kamu ingin membelanjakan uangmu dan di mana kamu perlu menguranginya.

4. Ketahuilah bahwa perasaan itu akan berlalu

Meskipun terkadang perasaan sedih kala liburan berakhir sulit hilang, tapi dengan cara menerima segala perasaan itu dapat mempersiapkan dirimu untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental. 

"Ingat bahwa kamu tidak sendirian," kata Gina Moffa, seorang pekerja sosial klinis berlisensi dan psikoterapis yang berbasis di New York. “Liburan adalah resep untuk emosi yang rumit. Memahami bagaimana itu akan memengaruhimu adalah jalan keluarnya.”

Nah, bagi kamu yang merasakan sedih pasca liburan panjang kemarin, tidak perlu khawatir karena hal itu wajar, kok. Cobalah untuk menerima perasaan itu dan mulailah kembali ke rutinitas secara perlahan. Dengan  begitu, kamu akan tetap semangat menjalankan rutinitas.

Itulah empat cara untuk mengembalikan semangat setelah liburan agar tetap produktif. Selalu ingatkan dirimu bahwa kamu akan menemukan pengalaman serta keberuntungan baru di tahun 2022 ini! Miliki percaya diri untuk semangat lagi, kamu pasti bisa! Apabila kamu masih merasakan kesedihan yang berlanjut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada tenaga profesional. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak