facebook

4 Akibat Fatal Saat Tidak Mau Mendengarkan Pendapat Orang Lain, Hati-hati!

Rizki Putra
4 Akibat Fatal Saat Tidak Mau Mendengarkan Pendapat Orang Lain, Hati-hati!
Ilustrasi bertengkar (pexels.com/KeiraBurton)

Hal yang membuat kamu selalu menepis semua pendapat orang lain adalah merasa yang paling tahu soal segalanya dan menganggap diri sendiri paling benar. Sebetulnya, hal itu sangat menyesatkan dirimu sendiri, bahkan memiliki akibat yang fatal, lho.

Memang pada dasarnya, setiap orang terkadang merasa bahwa keinginan atau pendapatnya benar. Kalau terus-menerus melakukan hal tersebut, maka kamu perlu memiliki sifat rendah hati, ya. Bagaimanapun juga, sikap arogan akan membuat hidupmu jadi kesulitan. Maka dari itu, simak 4 akibat fatal ketika tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.

1. Kamu tidak memiliki dukungan dari mereka

Jika sedang memustuskan sesuatu yang menyangkut urusan bersama, justru kamu menganggap pendapat mereka tidak penting. Kenyataannya, tanpa adanya dukungan dari mereka, kamu akan kesulitan untuk mengambil langkah.

Misalnya saja seputar pekerjaan di kantormu. Kalau selalu saja menepis pendapat orang lain dan maunya hanya didengar, jangan harap kalau mereka bersedia untuk membantumu menyelesaikan tugas.

2. Kesulitan menjadi pemimpin yang baik

Walaupun kamu saat ini berapa pada posisi pimpinan, bukan artinya kamu sudah bebas dari ancaman yang datang kepadamu. Jika kamu selalu enggan mendengarkan pendapat orang lain, bisa saja sewaktu-waktu kamu digulingkan dari posisimu oleh mereka.

Bagaimanapun juga, pemimpin tidak bisa bersikap semena-mena dengan timnya. Seorang pemimpin seharusnya dapat menjadi pendengar yang baik dan mampu mengambil keputusan yang bijak demi kebaikan bersama.

3. Akan lebih mudah untuk terjerumus dalam kesalahan

Akibat fatal lain yang akan dirasakan ketika enggan mendapatkan pendapat orang lain, yakni terjerumus dalam kesalahan. Memiliki perbedaan pendapat dengan orang lain adalah hal yang wajar.

Terlebih lagi, orang lain memberikan saran baik untukmu yang mesti kamu pertimbangkan. Jangan sekali-kali melihat siapa orang yang berbicara padamu, bagaimanapun juga saran adalah hal yang berharga.

Dengan adanya masukan orang lain, kamu jadi tahu dimana letak kesalahanmu yang sebelumnya tidak diketahui. Sehingga, membantumu untuk tidak terjerumus dalam kesalahan yang sama kedepannya.

4. Dikala kamu kesulitan, tak ada yang mau untuk menolongmu

Jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa mereka adalah orang yang jahat, ya. Bukankah kamu sendiri yang sebelumnya tidak mau mendengarkan pendapat mereka?

Jika kamu awalnya mau mendengarkan saran baik dari mereka, mungkin saja bisa terhindar dari kesulitanmu saat ini. Kalau sudah seperti ini, tentu akan menjadi penyesalan bagimu.

Itulah empat akibat fatal ketika kamu tidak ingin mendengarkan pendapat orang lain. Hal yang paling penting dari pendapat orang lain adalah kita perlu bisa mengambil sisi positifnya. Dari situlah kita bisa mengetahui tentang celah-celah kesalahan yang sebelumnya tidak kita sadari. Maka dari itu, kamu perlu menanamkan sifat rendah hati, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak