facebook

Catat 3 Skill yang Harus Dikuasai Anak Kos, Kamu Pasti Bisa!

Monica Rini
Catat 3 Skill yang Harus Dikuasai Anak Kos, Kamu Pasti Bisa!
Ilustrasi Mengatur Keuangan (Freepik)

Menjadi anak kos ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Untuk kalian yang terbiasa tinggal dan hidup berdampingan bersama keluarga, tentu membutuhkan adaptasi ketika menjadi seorang anak kos. Perubahan kebiasaan juga lingkungan yang baru, tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Mengerjakan sesuatu secara mandiri, kemampuaan untuk menjaga dan melindungi diri, mengatur waktu serta keuangan juga sangat diperlukan. 

Menjadi anak kos tentunya harus siap dengan tantangan-tantangan yang akan dilewati. Berkenaan dengan itu, berikut beberapa tips yang harus dikuasai anak kos. Yuk disimak! 

1. Menjaga kebersihan dan Kesehatan

Menjaga kebersihan kos dan kebersihan diri sangat diperlukan. Mengingat kalian yang jauh dari tempat tinggal tentu harus mampu memiliki skill ini. Kebersihan kamar kos dan lingkungan, serta apa yang dikonsumsi sehari-hari juga perlu diperhatikan. Kebiasaan jajan sembarangan atau mengonsumsi junk food tidak dianjurkan. Tentu ini akan memberi dampak buruk bagi kesehatan, entah itu jangka pendek maupun jangka panjang. Pastinya kalian ingin selalu sehat, dong. Kalian tentu tidak ingin membuat keluarga yang jauh dari kalian menjadi panik karena mengkhawatirkan kondisi kalian, kan?

Nah, maka dari itu cobalah untuk rajin membersihkan kamar kos dan mulai memerhatikan apa yang kalian konsumsi. Ya, karena sehat itu mahal harganya! 

2. Mengatur keuangan

Skill selanjutnya yang harus dimiliki adalah mengatur keuangan. Ini merupakan hal yang sangat krusial untuk anak kos. Sebagai anak kos harus benar-benar memerhatikan pengelolaan keuangan ini. Cara yang dapat dilakukan misalnya mengelompokkan uang bulanan, misalnya pisahkan antara uang untuk kebutuhan makan, transportasi, dana darurat, atau tabungan, dan keperluan lainnya. Kalian juga bisa mencatat pengeluaran setiap harinya. Dengan demikian, keuangan kalian akan lebih jelas dan membuat kalian lebih selektif dan bijaksana dalam mengeluarkan uang. Nah, kalian bisa mencoba tips ini ya! 

3. Mengatur waktu

Skill ketiga yang tidak kalah penting adalah mengatur waktu. Sebagai anak kos yang tinggal jauh dari orang tua, kadang juga membuat kita merasa lepas dari aturan-aturan di rumah. Misalnya, dalam keluarga ada aturan batas jam malam hingga pukul 10, tetapi selepas kalian meninggalkan rumah dan menjadi anak kos kalian sering melalaikan hal itu. Untuk kepentingan yang mendesak atau kegiatan yang penting dan tidak bisa ditinggalkan, hal itu bisa dimaklumi. Namun, jika hanya sekadar bersenang-senang sepertinya kalian harus mulai kembali menata ulang waktu agar kalian tidak kewalahan dalam mengerjakan setiap tanggung jawab yang diberikan. Ya, kalian manfaatkan waktu sebaik mungkin dan jangan sia-siakan kepercayaan yang diberikan orang tua kalian! 

4. Kemampuan bersosialisasi

Terakhir adalah kemampuan bersosialisasi. Kemampuan ini sangat penting bagi kalian para anak kos. Tinggal di lingkungan yang baru, bertemu dengan orang baru, kebiasaan setempat yang mungkin juga baru bagi kalian, menjadi tantangan tersendiri. Namun tenang, kalian pasti bisa melewati masa-masa itu. Pastikan kalian berusaha menjalin, membangun komunikasi, dan hubungan yang baik dengan rekan-rekan maupun dengan masyarakat. Namun, jangan lupa untuk menjaga pergaulan kalian di tempat yang baru. Tentu, tidak ada yang ingin terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat, kan? Berteman dan jalin relasi dengan siapapun dan jangan lupa nilai-nilai yang ada pada dirimu!

Itu adalah empat skill yang harus dikuasai anak kos. Untuk kalian calon anak kos selamat menghadapi tantangan-tantangan yang ada dan pastikan kalian punya empat skill wajib ini. Semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak