facebook

4 Tanda Pribadi Sudah Berkembang Menjadi Lebih Baik, Adakah di Dirimu?

Rizky Melinda Sari
4 Tanda Pribadi Sudah Berkembang Menjadi Lebih Baik, Adakah di Dirimu?
Ilustrasi seorang wanita (pexels)

Seiring bertambahnya waktu, pribadi seseorang akan semakin banyak belajar dari lingkungan dan pengalamannya. Kedewasaan tidak bisa diukur hanya dari seberapa lama seseorang bernapas di muka bumi ini.

Kunci kedewasaan adalah senantiasa berperilaku semakin baik setiap harinya, mampu menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai pembelajaran, dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar.

Kedewasaan dapat terbentuk dengan membiasakan diri melakukan hal-hal baik. Sama seperti halnya bunga yang mekar, kedewasaan tidak serta-merta tercapai dengan sendirinya. Ada proses yang harus dilalui.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu sudah berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan menuju tahap kedewasaan.

1. Sudah melalui masa-masa sulit

Selamat untuk kamu yang berhasil melalui masa-masa sulit dalam hidup, entah masa sulit selama ujian sekolah atau kuliah, bekerja, atau saat berinteraksi dengan lingkungan dan orang di sekitar.

Jika kamu sudah berhasil melaluinya, itu tandanya kepribadianmu kamu sudah naik level ke tingkat yang lebih tinggi. Kamu mengetahui cara melewati masa-masa sulit itu dan mampu bertahan melaluinya. Dengan demikian, harusnya bahu kamu semakin kuat untuk ke depannya.

2. Belajar dari kesalahan

Banyak orang yang mengaku dewasa tetapi masih sering berkilah mengakui kesalahannya kepada orang lain. Ini sama sekali tidak mencerminkan sikap dewasa. Orang yang lebih memilih lari dari kesalahannya, tidak akan bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika kamu punya kesalahan, segera meminta maaf kepada orang terkait, serta belajar dari kesalahan tersebut agar di masa depan tidak melakukan kesalahan yang sama.

3. Mulai serius dengan tujuan hidup

Jika kamu mulai serius memikirkan tujuan hidup kamu dari sekarang, itu tandanya kamu sudah lebih berkembang menjadi pribadi yang lebih baik daripada hari kemarin. Kamu sadar bahwa masa depan bergantung pada apa yang kamu lakukan sekarang.

Tentukan tujuan hidupmu, panggilan hatimu, serta berusaha dan berjuanglah untuk meraihnya. Salah satu kutipan dari buku Sang Alkemis karya Paulo Coelho yang dapat mewakili: Ketika kamu sudah menentukan panggilan hidupmu, seluruh semesta akan bahu-membahu membantumu mewujudkan impian itu.

4. Selalu haus pengetahuan

Tanda lainnya bahwa pribadimu lebih berkembang dari hari kemarin adalah kamu selalu merasa haus ilmu pengetahuan. Semakin banyak kamu membaca, kamu semakin sadar bahwa pengetahuanmu terhadap seluruh dunia masih sangat sedikit.

Orang yang stagnan dan tidak berkembang akan merasa puas hanya dengan membaca satu buku atau mempelajari satu ilmu. Padahal, sejatinya ilmu pengetahuan di dunia ini tidak terbatas, tidak akan habis dipelajari oleh seorang manusia dari ia lahir hingga kembali ke bumi.

Itulah 4 tanda bahwa kamu sudah berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Selalu semangat untuk menjadi versi terbaikmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak