facebook

3 Tips Ampun Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget, Peran Orang Tua Penting!

Rosi be faro
3 Tips Ampun Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget, Peran Orang Tua Penting!
Ilustrasi anak bermain gadget (pexels)

Gadget kini menjadi kebutuhan yang penting dalam melakukan berbagai aktivitas. Tak terkecuali untuk anak-anak yang notabene penyuka video maupun game. Selain itu, gadget juga digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan anak. Namun, seiring berjalanannya waktu, gadget kini mulai disalah artikan oleh anak-anak.

Anak kini kecanduan dengan yang namanya gadget, apa-apa semuanya gadget. Mau makan pegang gadget, pulang sekolah langsung main gadget, mau tidur main gadget, bangun tidur langsung mencari gadget, sehingga hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan jasmani dan mental anak.

Sepatutnya, anak harus bisa mengatur di mana dan kapan harus menggunakan gadget. Peranan orang tua di sini menjadi penting, agar anak bisa mengatur dan mengelola gadget dengan bijak. Berikut hellosehat merangkum tiga tips agar anak tidak kecanduan gadget.

1. Perbanyak aktivitas bermain secara langsung

Dulu sebelum ada gadget, anak akan bermain secara langsung dengan teman sebayanya, entah itu bermain bola, kelereng, maupun bermain petak umpet. Namun sekarang berbeda, anak kini bermain dengan sebayanya menggunakan gadget, baik itu game online maupun bermain aplikasi.

Anak kini mulai malas bergerak dan lebih nyaman duduk atau tiduran sambil memainkan gadget, tentu hal ini kalau dibiarkan akan mempengaruhi perkembangan si anak. Agar anak tidak kecanduan gadget, ajaklah anak untuk bermain di luar rumah dengan model permainan zaman dulu. Selain seru, permainan zaman dulu juga melatih ketangkasan anak.

2. Jadilah contoh yang baik

Anak sebagian besar akan mencontoh perilaku orang tuanya di rumah. Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik bagi si anak. Jangan sampai anak tidak diperhatikan karena orang tua lebih sibuk sendiri dengan bermain gadget, sehingga jangan salahkan anak jika ia menirukan perilaku oran tuanya. Berilah contoh serta pengertian kepada anak untuk pandai dan bijak menggunakan gadget.

3. Terapkan gaya pengasuhan zaman dulu

Orang tua zaman dulu mampu mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan di rumah secara seimbang. Namun sekarang berbeda, kini orang tua memakai gadget untuk mengasuh anak, yakni dengan memberinya gadget agar anak bisa bermain tenang di rumah dan tidak keluyuran. Hal ini justru akan berdampak buruk bagi perkembangan si anak.

Sudah sepatutnya orang tua harus bisa mengasuh anak dengan baik tanpa harus melulu dikaitkan dengan gadget. Orang tua harus lebih sabar mendidik anak dan sekali-kali ikut dan mainlah bersama si anak.

Itulah tiga tips yang bisa dicoba oleh orang tua agar anak tidak lagi kecanduan dengan gadget. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak