facebook

Tetap Waspada, Ini 7 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara

Rosi be faro
Tetap Waspada, Ini 7 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara
Ilustrasi tidur saat mengemudi (Instagram/sleepydriving/fathorr)

Saat berkendara, tubuh harus selalu dalam keadaan sehat dan prima, selain itu dibutuhkan juga konsentrasi dan fokus agar bisa membawakan kendaraan dengan baik. Terkadang saat berkendara kita dihadirkan dengan rasa kantuk yang tidak bisa kita tahan.

Apabila sampai tertidur saat berkendara, maka hal itu akan membahayakan bagi diri sendiri dan juga pengendara lain. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya Anda segera mencari cara untuk mengatasi rasa kantuk saat berkendara.

Berikut merangkum dari hellosehat, tujuh tips agar tidak mengantuk saat berkendara.

1. Tidur sebelum berkendara

Tidur yang cukup sebelum berkendara akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi segar dan bisa terhindar dari rasa mengantuk. Jika memang tidak sempat, Anda bisa tidur siang sejenak minimal 15 menit untuk memulihkan tubuh yang sudah dilanda ngantuk.

2. Minum kopi

Kandungan kafein dalam minuman ternyata mampu membuat kita tidak merasa mengantuk. Kopi memiliki kandungan kafein yang cocok untuk pengendara yang sudah dilanda ngantuk. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kopi diminum setengah jam sebelumnya. Dan yang paling penting tidak terlalu banyak meminum kopi, lebih baik seusaikan dengan kondisi tubuh Anda.

3. Menepi dan tidur sejenak

Resiko besar akan menanti jika Anda tetap menyetir saat rasa kantuk mulai datang. Sebaiknya Anda menepi dan tidur sejenak minimal 15 menit untuk memulihkan tenaga dan yang paling penting meminimalisir resiko saat berkendara.

4. Melakukan peregangan ringan

Berkendara saat jalanan lenggang dan jauh akan membuat Anda mudah mengantuk. Jika demikian sebaiknya Anda menepi dan mulai melakukan sedikit peregangan untuk meringankan otot yang tegang dan memulihkan tenaga.

5. Jangan minum obat atau alkohol

Sebelum berkendara hindari yang namanya alkohol dan minum obat, karena hal tersebut bisa mempengaruhi konsentrasi saat berkendara. Sementara minum obat memiliki efek samping yakni mengantuk.

6. Beristirahat setiap dua jam

Bagi yang melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda tidur setiap dua jam sekali untuk memulihkan kondisi mata yang mengantuk dan tubuh yang sudah lelah. Jangan mengambil resiko yang besar hanya ingin cepat sampai pada tujuan.

7. Minta ditemani saat mengemudi

Mengemudi dengan ditemani oleh seseorang yang bisa diajak untuk mengobrol bermanfaat untuk membuat Anda tetap selalu terjaga. Akan lebih baik jika teman tersebut bisa mengemudi, karena dengan hal tersebut membuat Anda bisa saling bergantian mengemudi saat salah satu mengalami ngantuk.

Itulah tujuh cara mengatasi ngantuk saat berkendara. Selalu berhati-hati saat berkendara dan selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak