facebook

7 Tips Dapur Minimalis Telihat Estetik, Rapi, dan Nyaman Digunakan

Desyta Rina Marta Guritno
7 Tips Dapur Minimalis Telihat Estetik, Rapi, dan Nyaman Digunakan
Ilustrasi Dapur Cantik dan Minimalis (Pixabay/sferrario1968)

Memiliki dapur yang bersih, estetik, dan nyaman digunakan adalah impian setiap perempuan, dengan begitu aktivitas memasak terasa lebih menyenangkan. Ukuran ruangan yang kecil tidak menjadi masalah selama kita bisa mengaturnya dengan baik. Nah, berikut adalah tips untuk membuat dapur minimalis terlihat bersih, estetik, dan nyaman.

1. Memakai Ambalan Minimalis

Ambalan minimalis yang ditempatkan di dinding bisa untuk menaruh bumbu-bumbu dan peralatan dapur agar tampak lebih rapi, bersih, estetik, dan nyaman. Dengan memakai ambalan, maka meja memasakmu juga terasa lebih luas sehingga ruang gerakmu juga semakin leluasa.

2. Perabotan dengan Warna Senada

Sebelum membeli perabotan dapur, coba pikirkan warna apa yang sesuai dengan keinginanmu. Memilih perabotan dengan warna senada bisa membuat dapur telihat lebih estetik. Warna netral seperti hitam putih bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka tampilan simple.

3. Maksimalkan Setiap Ruang

Untuk dapur minimalis, kamu perlu memaksimalkan setiap ruang yang ada agar semua perabotan dapur dapat tersimpan dengan baik dan rapi. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan perabotan minimalis agar tidak memakan banyak tempat. Trik yang lainnya adalah memanfaatkan perabotan lain, misalnya kamu bisa memakai kabinet di bawah dan memfungsikan bagian atasnya menjadi meja masak, jadi kamu tidak perlu memakai meja masak lagi.

4. Menaruh Tanaman Hias Mini

Tanaman hias walau terkesan sepele ternyata cukup berpengaruh dalam mempercantik ruangan, termasuk dapur minimalis. Dengan menaruh tanaman hias walau kecil, dapat membuat dapurmu menjadi lebih cantik.  Kamu bisa menaruhnya di ambalan di samping tempat bumbu.

5. Menyimpan Barang Secukupnya

Sebagaian besar dari kita kalau sudah melihat perabotan lucu-lucu pasti tidak tahan untuk mengoleksinya. Namun, untuk pengguna dapur minimalis perlu mempertimbangkan lagi karena menyimpan barang terlalu banyak malah membuat dapurmu menjadi sesak. Oleh karena itu, simpan perabotan secukupnya dan seperlunya saja.

6. Atur Sirkulasi Udara

Dapur yang nyaman adalah dapur yang sirkulasi udaranya bagus, oleh karena itu sediakan jendela kecil untuk membuat sirkulasi udara di dapurmu lancar.

7. Jaga Kebersihan Dapur

Tips ketujuh ini adalah hal yang paling penting agar dapur terlihat bersih, rapi, dan nyaman ditempati. Sebagus apa pun desain dapur yang kamu buat jika tidak bisa menjaga kebersihannya, maka itu tidak berarti apa-apa jika tidak menjaga kebersihan.

Itulah tujuh tips agar dapur minimalis terlihat cantik, rapi, dan nyaman digunakan. Kamu tertarik mencoba yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak