facebook

3 Tips Menjaga Konsistensi Belajar, Yuk Terapkan!

Rizky Melinda Sari
3 Tips Menjaga Konsistensi Belajar, Yuk Terapkan!
Ilustrasi belajar (pexels/ rizkymelinda)

Impian setiap pelajar adalah mendapatkan nilai memuaskan ketika ujian. Namun, banyak yang masih bingung cara belajar yang efektif seperti apa.

Hal pertama yang harus kamu cari tahu agar kegiatan belajar kamu memberi hasil maksimal adalah pahami gaya belajar yang paling sesuai dengan kepribadian kamu.

Jika kamu sudah menemukan gaya belajarmu, kamu hanya perlu menjaga konsistensi. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga konsistensi belajar agar kegiatan belajar kamu tetap terjaga.

1. Perbanyak evaluasi

Evaluasi artinya penilaian atau peninjauan ulang. Kamu perlu mengevaluasi waktu yang dapat kamu gunakan dalam belajar selama satu hari. Kenali waktu-waktu terbaik kamu dalam menyerap materi, kenali juga waktu terberat untuk kamu memahami pelajaran.

Dengan demikian, kamu jadi tahu jam-jam produktif serta jam-jam perlu istirahat. Setelah melakukan evaluasi, kamu bisa memanfaatkan jam produktif untuk fokus pada materi sulit, dan jam istirahat untuk refreshing.

2. Gunakan konsep gamifikasi

Sama seperti ketika bermain game, buat skor tertentu untuk diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan suatu misi. Misalnya, tentukan poin sekian untuk menyelesaikan soal yang sulit. Semakin sulit soal, semakin tinggi poin yang akan kita dapatkan.

Dengan demikian, kita akan merasa tertantang dan bersemangat untuk terus belajar dan mengerjakan soal. Di akhir sesi belajar, beri reward pada diri sendiri sesuai dengan banyaknya poin yang berhasil dikumpulkan. Konsep ini sama seperti bermain game.

3. Jangan remehkan refreshing

Otak kita bukan mesin komputer yang dapat bekerja secara terus menerus tanpa merasa lelah. Komputer saja kadang bisa panas dan error jika digunakan terlalu lama, begitu pula otak kita. Penting untuk memberi jeda saat belajar.

Gunakan waktu refreshing sebaik mungkin untuk mengembalikan energi dan kesegaran otak. Jangan terlalu memaksakan otak bekerja keras tanpa memberi kesempatan untuk beristirahat. Produktivitas akan menurun ketika otak berada dalam kondisi lelah.

Itulah 3 tips agar konsistensi belajar kamu tetap terjaga dan hasil belajar kamu akan maksimal. Tetap semangat untuk produktif, gunakan waktu yang kamu miliki sekarang dengan sebaik mungkin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak