facebook

3 Sensasi Menjelang Seminar Proposal Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu!

Nanik Writer
3 Sensasi Menjelang Seminar Proposal Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu!
Ilustrasi Ujian (Pixabay.com/MoteOo)

Bagi kamu mahasiswa semester tua, pasti sudah tidak asing lagi dengan skripsi. Ya, salah satu mata kuliah wajib yang ada di semester 7 dengan bobot sks terbanyak. 

Skripsi tak jarang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa, terutama mahasiswa semester tua. Apalagi di hari-hari menjelang pelaksanaan seminar proposal dan munaqosyah. Tak jarang mahasiswa mengalami overthingking karena mencemaskan seminarnya nanti. Mulai dari belum menguasai materi, belum membuat ppt presentasi, takut dibantai dosen pembimbing, dan sebagainya.

Namun, di masa pandemi seperti ini, mahasiwa bisa sedikit bernapas lega. Sebab, sebagian seminar proposal dilakukan secara online tanpa bertatap muka langsung dengan dosen penguji. Hal ini sangat menguntungkan bagi mahasiswa untuk sedikit mengurangi perasaan cemas dan khawatir yang berlebihan. Namun, di sisi lain, banyak juga dampak negatif yang dirasakan mahasiswa terutama persoalan jaringan yang mungkin saja terkendala, terutama di daerah-daerah yang sulit sinyal.

Pelaksanaan seminar proposal skripsi secara online nyatanya tetap memberikan sensasi yang menegangkan kepada sebagian mahasiswa. Terutama di hari-hari menjelang pelaksanaan. Berikut sensasi yang mungkin bakal kamu rasakan menjelang seminar proposal skripsi.

1. Overthingking

Sensasi overthingking ini umumnya akan menghinggapi pikiran mahasiswa di hari-hari menjelang pelaksanaan seminar proposal skripsi. Apalagi jika kamu belum benar-benar menguasai materi proposalmu sendiri. Oleh karena itu, segera persiapkan sebaik mungkin agar kamu tak begitu overthingking ya.

2. Psikosomatis

Jika merasa sakit atau tidak enak badan secara tiba-tiba di hari-hari menjelang ujian seminar, kamu mungkin saja sedang mengalami psikosomatis. Psikosomatis yaitu keadaan di mana fisik kamu tiba-tiba menjadi down atau menjadi tidak fit sebagai akibat dari terlalu banyak berpikir serta cemas. Jadi, tetap jaga kewarasan dan jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi ya.

3. Lega

Saat sudah mulai berbicara atau mulai mempresentasikan proposalmu, mungkin kamu akan mendapatakan perasaan lega. Kamu tidak akan lagi merasa gugup, cemas, maupun khawatir. Kamu pun bisa mempresentasikan proposalmu dengan baik asalkan kamu memupuk kepercayaan dirimu. 

Ketiga sensasi di atas mungkin hanya berlaku pada sebagian orang saja. Namu,  semoga bisa menjadi gambaran buat kamu yang akan melaksanakan seminar proposal skripsi sehingga tidak terlalu cemas dan khawatir. 

Semoga seminar proposal skripsi kamu lancar ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak