4 Tantangan yang Harus Dihadapi oleh HRD di Perusahaan, Kamu Harus Siap!

Nanik Srisunarni
4 Tantangan yang Harus Dihadapi oleh HRD di Perusahaan, Kamu Harus Siap!
Ilustrasi HRD. (Pixabay.com/Tumisu)

Menjadi seorang profesional di bidang HRD adalah impian bagi sebagian besar orang. Bukan hanya karena gaji yang menjanjikan, posisi ini juga menawarkan berbagai tantangan yang membuat orang yang menjalaninya menjadi semakin bersemangat untuk bekerja.

Bagi sebagian orang, tantangan yang ada akan membuat mereka semakin produktif dan terus berusaha untuk berkembang. Akan tetapi bagi sebagian orang, tantangan yang ada juga menjadi suatu hal yang membuat kewalahan. 

Agar kamu tidak kewalahan, ada baiknya untuk kamu menyimak 4 tantangan yang mungkin akan kamu hadapi ketika kamu menjadi HRD, simak baik-baik ya!

1. Teknologi

Di era sekarang ini, teknologi menjadi suatu hal yang wajib untuk dikuasai di berbagai bidang, termasuk pada bidang HRD. Dalam bidang ini, teknologi berperan penting dalam membantu proses administrasi, payroll, ataupun membantu sistem HRD dengan cakupan yang lebih luas.

2. Data Driven

Data driven membantu HRD untuk memonitor pekerjaan karyawan dan membantu dalam proses pengambilan keputusan strategis.

Melalui data driven, HRD dapat melakukan analisis kinerja dan membuat analisis tingkat turnover karyawan, merencanakan kenaikan gaji, dan membuat strategi manajemen yang lainnya.

3. Agile Working

Seorang HRD harus mampu membuat dan juga mengubah rancangan sistem kerja baik dalam level besar maupun kecil menggunaan agile working.

Contoh dari sistem ini adanya penerapan dalam penggunaan perangkat lunak HRIS, merancang dan merencanakan sistem kerja hybrid.

4. Menetapkan target untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan

Dewasa ini kesejahteraan karyawan menjadi sebuah topik yang hangat dipeerbincangkan. Pasalnya generasi saat ini snagat berbeda jauh dengan generasi sebelumnya.

Generasi sekarang ini adalah generasi yang melek kesehatan menta,l sehingga mereka lebih peduli dengan kesejahteraan dalam dunia kerja.

Akibat negatif bagi perusahaan adalah kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang memiliki loyalitas tinggi dan kemampuan bekerja dalam tekanan yang tinggi. Oleh karena itu, HRD perlu untuk menyiapkan strategi guna mengatasi persoalan tersebut.

Itulah 4 tantangan yang harus dihadapi oleh seorang profesional di bidang HRD yang perlu untuk dipersiapkan sejak dari sekarang. Perlu diingat bahwa tantangan seorang HRD akan semakin berkembang dan kompleks dari hari ke hari, sehingga  HRD harus siap untuk menghadapi setiap tantangan yang ada.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak