facebook

4 Tindakan Terbaik Saat Kamu Disebut Belum Dewasa, Jangan Marah!

Rizki Putra
4 Tindakan Terbaik Saat Kamu Disebut Belum Dewasa, Jangan Marah!
Ilustrasi cemberut (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Salah satu kritik dari orang lain terhadap diri kita yang sangat tidak enak untuk diterima adalah dianggap bahwa belum dewasa. Kenyataannya, umurmu sudah dewasa dan bukan anak-anak lagi. Hal ini membuat tamparan keras untuk dirimu.

Walaupun begitu, sebenarnya itu adalah pengingat terbaik bagimu, lho. Sudah seharusnya menurunkan egomu agar dapat menerima saran dari orang lain dengan baik. Oleh karena itu, simak 4 tindakan terbaik ketika kamu disebut belum dewasa berikut ini.

1. Minta penjelasan darinya

Di saat kamu merasa tidak terima atas tuduhan tersebut, kamu perlu meminta penjelasan darinya kenapa memberi kritik seperti itu. Bagaimanapun juga, terkadang kita sering tidak sadar atas sikap dan perbuatan yang ternyata salah.

Oleh karena itu, meminta penjelasan atas ketidakdewasaanmu sangatlah dibutuhkan untuk memperbaiki diri. Namun, jangan sampai kamu terkesan emosi atau tidak terima atas tuduhan tersebut, ya.

2. Hindari menjadikannya alasan untuk marah, sedih, atau bahkan minder

Sehabis kamu disebut sebagai sosok yang belum dewasa, tentu hal tersebut terus terbayang-bayang dalam pikiranmu. Meskipun kamu telah mendapatkan penjelasan darinya seperti pada poin pertama, justru suasana hatimu makin terasa buruk.

Sebab, ada penolakan dari dalam diri setelah mengetahui letak ketidakdewasaaanmu. Bagaimanapun juga, bangunlah pola pikir bahwa setiap manusia bisa berubah menjadi lebih baik, namun harus memiliki niat dan tindakan yang positif.

3. Belajar sikap dewasa dari orang-orang terdekatmu

Setelah kamu sudah mengetahui penyebabmu dianggap belum dewasa, tentu harus ada langkah yang nyata untuk merubah diri menjadi lebih baik. Salah satu caranya adalah mencari role model sebagai bahan pembelajaran bagaimana bisa bersikap dewasa.

Hal ini bisa kamu temukan dari orang-orang terdekatmu. Carilah sosok yang bijaksana, serta dewasa dalam bertindak, dan berucap. Lihat sisi positifnya yang bisa kamu tiru, ya.

4. Miliki kepercayaan diri bahwa kamu mampu tidak kekanak-kanakan lagi

Sehabis kamu disebut dan dikritik sebagai sosok yang belum dewasa, terlebih lagi kamu perlu merubah sikapmu tersebut. Maka, pasti akan kehilangan rasa percaya diri karena hal tersebut.

Dilain sisi kamu ingin menjadi sosok yang dewasa, namun kamu takut hal itu hanya angan-angan saja. Walaupun merubah diri bukanlah perkara yang mudah, jangan sampai kamu kehilangan rasa percaya diri, ya. Yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melewati tantangan ini.

Itulah empat tindakan terbaik saat kamu disebut belum dewasa. Harga dirimu bisa jatuh kalau disebut belum dewasa. Namun, kalau hal tersebut memang benar terjadi, sudah semestinya berterima kasih pada orang lain yang mengingatkanmu. Jadikan masukan tersebut sebagai penanda bahwa kamu bisa menjadi sosok yang dewasa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak