alexametrics

Penikmat Bakso Pedas Wajib Kenal 4 Kedai Ini

Rozi Rista Aga Zidna
Penikmat Bakso Pedas Wajib Kenal 4 Kedai Ini
Ilustrasi kedai bakso super pedas.[Dok. pribadi/Fathorrozi]

Bakso dengan rasa superpedas kini mulai diminati banyak kalangan, terutama mereka yang doyan pedas. Meski seringkali perutnya panas, keluar keringat luar biasa, dan bibir jadi merah akibat kepedasan, mereka tetap saja tidak ada kapok-kapoknya.

Sekali ada kesempatan, lebih-lebih saat turun hujan, langsung pesan bakso super pedas dengan menyebut salah satu dari daftar nama bakso super pedas. Apa saja nama bakso yang dikenal dengan super pedas? Berikut nama-namanya.

1. Bakso Lava

Referensi Bakso Lava saya dapat dari salah satu warung bakso di daerah Arjasa Jember. Meski bermacam-macam jenis bakso yang dijual, namun warga sekitar, bahkan warga luar kabupaten, lebih mengenalnya dengan sebutan Bakso Lava.

Bakso Lava berisi satu pentol besar yang di dalamnya berisi dua pentol berukuran mungil dan satu telur puyuh. Memang hampir sama dengan pentol dari Bakso Beranak, namun Bakso Lava di dalam pentolnya juga diberisi banyak sambal.

2. Bakso Lahar

Bakso Lahar dari segi isi di dalam pentolnya nyaris sama dengan Bakso Lava. Tetapi, level pedasnya lebih tinggi satu tingkat daripada pentol Bakso Lava. Jika pentol Bakso Lava rasanya sangat pedas, maka pentol Bakso Lahar ini rasanya sangat super pedas sekali.

Tak hanya itu, kuah yang menggenang di pinggiran pentol Bakso Lahar adalah kuah khusus yang sejak di dalam dandang bakso sudah bersenyawa dengan sambal super pedas. Selama ini, Bakso Lahar menjadi bakso paling super pedas di antara deretan bakso pedas.  

3. Bakso Mercon

Bakso Mercon beda lagi. Di dalamnya terdapat satu pentol kecil ditemani satu telur puyuh yang belepotan dengan sambal super pedas. Sekali dibelah, sebagaimana namanya, ia langsung meledak hingga membuat merah muka yang menikmatinya. Mendadak bibir minta dikipasi karena kepedasan yang tak tertahan. Menurut saya, level pedas Bakso Mercon berada satu tingkat di bawah Bakso Lava.

4. Bakso Granat

Bakso Granat berada di bawah Bakso Mercon. Boleh jadi, inilah bakso dengan peringkat paling rendah kepedasannya. Pentol Bakso Granat berisi satu telur puyuh yang dilumuri sambal pedas. Meski demikian, level pedasnya masih di atas bakso biasa yang dituangi dua sendok sambal.

Inilah empat nama bakso yang terkenal dengan rasa super pedas. Apakah nama-nama bakso tersebut juga ada di daerahmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak